Resep Seblak Basah di Bandung ? Yuk Cobain!

Dari dulu bandung menjadi tujuan favorit para pecinta kuliner. Yaa, hingga saat ini Bandung dinobatkan sebagai surganya makanan, beribu tempat dan jajanan unik seolah tak habis untuk dijajaki.

Salah satu makanan yang saat ini tengah buming adalah “seblak basah”. Mulai dari tekstur, bentuk dan rasanya yang khas, akan membuat kamu seolah ingin terus menyantapnya. Ada yang tau seblak basah ini terbuat dari apa? Ya’ terbuat dari kerupuk aci yang telah di kukus atau direbus kemudia ditumis bersama bumbu-bumbu lain yang sudah di haluskan ke dalam wajan.

Makanan asal Bandung ini memiliki berbagai macam bentuk dan variasi keunikan tersendiri. Ada yang berbentuk bundar, kecil lonjong atau agak memanjang atau bentuk lain sesuai selera penjualannya. Seblak basah ini tidak disajikan dalam bentuk yang kering (renyah), wong namanya aj sudah seblak basah, ya jelas lebih sedikit kenyal dan agak berair.

Seblak ini sering diolah dengan ara yang cukup sederhana. Tanpa menunggu dan panjang lebar menjelaskannya, di sini kita mencoba menyajikan beberapa resep dan cara membuatnya sesuai pengetahuan kita.

Resep Seblak Basah Bandung

seblak basah
riairwanty.wordpress.com

Bahan-bahan yang  perlu kamu siapkan :

  • Siapkan sawi putih yang sudah di potong-potong
  • Kecap manis pedas gurih
  • lalu air putih secukupnya untuk menumis
  • Garam dan gula
  • Penyedap rasa decukupnya
  • 1 Butir Telur
  • 2 Buah bakso sapi yang sudah di potong sesuai selera
  • 3 atau 4 sosis ayam yang sudah di potong-potong  juga sesuai selera
  • Dan yang terakhir, 5 gr kerupuk merah yang agak mentah, lalu di redam ke dalam panci yang berisa air (mendidih)

Bumbu yang dihaluskan :

  • 3 Siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 3 cm kencur
  • 5 siung bawang merah dan
  • 10 buah cabai rawit merah (kalo tidak terlalu suka pedes, bisa dikurangi)
  • 2 butir bawang merah

Pelengkap :

  • I risan daun bawang
  • Bawang merahg goreng

Cara Membuat Seblak Basah

  1. Pertama cucilah terlebih dahulu kerupuk merah, setalah itu rendam kerupuk kedalam air hingga mendidih, lalu diamkan sejenak hingga kerupuk benar-benar empuk.
  2. Langkah kedua, mulai panaskan minyak pada wajan (kuali), kemudian masukan bumbu yang telah di haluskan tadi hingga harum.
  3. Setelah itu masukan Telur, Sosis, Bakso, dan sawi putih masak (jika mau) hingga sayuran terlihat sedikit layu, kemudian masukan kerupuk yang sudah di rendam tadi beserta air panas, namun cukup tuangkan sedikit saja agar tidak lengket.
  4. Tambahkan penyedap rasa secukupnya, gula dan garam.
  5. Lalu tuangkan kecap manis pedas (gurih) secukupnya, tunggu sampai masak (lihat air benar-benar mengental).
  6. Setelah matang sajikan dan beri pelengkap irisan daun bawang dan bawang goreng.

Nah.  setelah beberapa cara yang sudah disebutkan di atas tadi, tinggal langsung diperaktekan saja, untuk bahan dan bumbunyapun mudah untuk didapatkan. Jadi kamu tidak perlu harus bersusah payah mengunjungi Bandung demi mencicipi seblak basah, tapi sebenarnya akan lebih terasa sensai yang didapat jika kamu langsung ke kotanya loh hehe. Ok selamat mencoba.

KEUNIKAN

Seblak memiliki berbagai macam bentuk. Bisa bundar pipih, kecil memanjang, atau berbentuk lain sesuai selera penjualnya. Seblak bisa diolah dengan berbagai cara. Ditumis dengan tambahan telur, mie, sayuran, dan bakso, seafood atau sosis, mirip kwetiau goreng komplit. Harganya juga murah meriah. Makanya banyak yang suka.

Selain seblak basah, ada pula seblak kering. Bahan yang digunakan sama yakni kanji tapi diolah dengan cara digoreng dengan minyak setengah panas. Jadi teksturnya keras dan renyah. Seblak kering ini sering dijadikan oleh-oleh saat mampir ke Bandung.

LOKASI

Kalau kamu pengin mencicipin seblak dengan varian yang beragam kamu bisa mengunjungi kedai Raja Seblak Mg. Ogo di daerah Soreang, tepatnya di jalan Gading Tutuka 1.

HARGA

Satu porsi seblak biasanya dibandrol dengan harga 5000 rupiah.

7 Daftar Nama Tempat Wisata di Bandung Utara

Bandung kota sudah, Bandung selatan sudah. Mana lagi ya yang belum didaftar tempat wisatanya. Hmm… Nah gilirannya Bandung Utara. Bandung utara juga punya koleksi tempat wisata nih. Nggak kalah juga dengan Bandung kota dan Bandung Selatan. Berikut ini daftar tempat wisata di Bandung Utara, langsung saja yuk.

1. Taman Wisata Alam Maribaya

Maribaya sangat dikenal dengan ikon air terjun Maribaya atau biasa dikatakan dengan “Curug Maribaya” dengan ketinggian hingga 25 meter. Wisata ini sangat menyuguhkan kamu yang ingin bertualang di alam terbuka sekaligus memberikan pengalaman wisata alam yang mengesyikan. Selain itu kamu juga dapat menikmati pemandangan alam yang mempesona dalam balutan udara segar lagi menyehatkan.

Suguhan alam yang indah dan menyegarkan di Taman Wisata Alam Maribaya Bandung

Kawasan wisata yang satu ini ternyata telah dikenal sejak lama khususnya bagi masyarakat setempat. Kawasanyang menyediakan keindahan air terjunnya, panorama alam, pemandian air panas dan sajian kuliner lokal yang khas akan budaya sunda.

2. Kawasan Punclut

Punclut merupakan tempat yang menyuguhkan keindahan panorama alam yang begitu membentang luas, sungguh sangat mempesona. Tempat wisata yang mampu memberikan sebuah landscape Kota Bandung dari ketinggian. Punclut adalah singkatan dari Puncak Ciumbuleuit yang berada pada ketinggian sekitar 1.000 m dpl dengan hawa dingin dan menyegarkan.

Menyaksikan lanskap Kota Bandung dari ketinggian di Punclut

Disini akan terlihat panorama eksotis Kota Bandung yang sungguh terlihat menawan, terutama pada saat menjelang malam hari. Terlebih lagi sambil menikmati kuliner lokal yang lezat di sana. Tersedia banyak warung lesehan yang akan memanjakan kamu, sahabat dan keluarga tatkala mengunjungi Punclut.

3. Kebun Bunga Cihideung

Jika ditanya bunga, makan Cihideunglah jawabannya. Di kawasan ini, ada berbagai macam jenis ragam bunga yang ditumbuhkembangkan, mulai dari bunga mawar, krisan, aster, gladiol, hingga bunga pohon buah jeruk kimkit.

Para penggemar tanaman bunga wajib datang ke Kebun Bunga Cihideung

Biasanya tempat ini banyak di kunjungi oleh para pecinta tanaman, hingga mereka sangat antusia ketika mengunjungi destinasi wisata Bandung yang satu ini. Pengunjung dapat membeli bunga pot atau bunga potong dengan harga yang relatif terjangkau. Semuanya dibalut dalam keramahan petani bunga yang sungguh sangat menyenangkan hati.

4. De’Ranch

De’Ranch merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang sangat digemari khususnya kalangan berkeluarga anak-anak serta banyak anak muda. Destinasi wisata yang satu ini menghadirkan kegembiraan berkuda ala cowboy dalam suatu kawasan yang sungguh menyenangkan.

Kegiatan berkuda ala cowboy di De Ranch Lembang Bandung

Beberapa kegiatan wisata yang populer ada di sini, misalnya naik delman, menunggang kuda, panahan, fun boat, gold hunter, dan lain sebagainya.

5. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah merupakan salah satu tempat wisata di Bandung (lembang) yang mengintegrasikan secara harmonis antara wisata keluarga, kegiatan kuliner dan belanja. Kampung Gajah Wonderland ini terus mendatangkan pengunjung yang setiap kali weekend selalu ramai. Disukai karena tersedianya dipenuhi dengan berbagai macam kegiatan wisata juga sarana hiburan lain yang menyenangkan.

Berkeliling dengan delman di Kampung Gajah Wonderland Bandung

Tempat ini berada pada tinggian 900 meter dpl, dimana memiliki panorama alam yang menyegarkan dan udara yang sejuk. Aneka wahana permainan pun terbilang lengkap juga sebagai tempat yang disukai banyak wisatawan dari berbagai usia.

6. Floating Market

Kamu dapat menikmati keindahan alam sekaligus berwisata kuliner dengan suguhan macam menu bercitarasa tinggi. Floating Market adalah konsep pasar unik yang terapung di atas danau. Juga dilengkapi dengan fasilitas dan wahana modern yang sangat menarik, secara spesifik menghadirkan 3 tema utama, yaitu area kuliner, belajar dan bermain.

Pengalaman kuliner dan bermain di Floating Market Lembang Bandung

Inilah sebab mengapa tempat wisata di Lembang Bandung ini selalu ramai dikunjungan oleh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

7. Gunung Tangkuban Perahu

Pesona Tangkuban Perahu berada tepat pada kawahnya yang besar. Kawah inilah yang menciptakan sebuah panorama menakjubkan jika kamu, keluarga dan sahbat telah menjejakkan kaki di sana.

Pesona Gunung Tangkuban Perahu selalu mencatatkan banyak kunjungan wisatawan

Meski merupakan sebuah gunung api yang aktif, Tangkuban Perahu ini sangat aman untuk dikunjungi. Gas sulfur masih keluar dari kawah meskipun tidak aktif. Gunung Tangkuban Perahu oleh masyarakat Jawa Barat telah melegenda melalui sebuah kisah bernama Sangkuriang.

Dan di bawah ini adalah dafatar secara keseluruhan tentang tempat wisata yang ada di Bandung Utara.

  • Taman Budaya Dago – Dago
  • Curug Dago – Dago
  • Taman Hutan Dago Pakar dan Gua Belanda/Jepang
  • Curug Omas – Taman Wisata Maribaya
  • Monumen Pasir Pahlawan Otto Iskandar Dinata – Lembang
  • Arena Pemancingan Bonita – Lembang
  • Teropong Bintang Bosscha – Lembang
  • Wisata Lembang – Bandung
  • Alam Jalur Alternatif Lembang-Dago
  • Vila Istana Bunga – Cihideung Lembang
  • Taman Hutan Jaya Giri – Lembang
  • Situ Lembang – Lembang
  • Bumi Perkemahan Cikole
  • Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu
  • Kawah Upas – Gunung Tangkuban Parahu
  • Kawah Domas – Gunung Tangkuban Parahu
  • Perkebunan Teh Subang – Jawa Barat
  • Pemandian Air Panas Ciater
  • Taman Bunga Cihideung – Jl. Sersan Bajuri
  • Spirit Camp & Sahabat Alam – Jl. Sersan Bajuri
  • Taman Bunga Parongpong
  • Kebun Strawbery Parongpong
  • Curug Cimahi – Cisarua

Beneran kan, nggak kalah sama Bandung kota dan Bandung Selatan. Bandung memang nggak ada duanya deh. Happy travelling Sob.

Wisata Darajat Pass, Adalah Paket Wisata Liburan Bandung Garut

Inilah salah satu paket wisata liburan Bandung Garut yang cukup menarik banyak parawisatawan, jarak tempuh dari Kota Bandung lumayan cukup jauh sekitar 2 – 3 jam. Tempat ini adalah Wisata Darajat Pass yang ditawarkan langsung oleh jasa pelayanan paket wisata dari Bandung Adventure.

Paket ini menjadi menarik karena lumayan terhitung murah. Sedangkan harga untuk paket wisata ini hanya berkisar 175 hingga 200 ribu (tergantung jumlah wisatawan yang ikut). Harga yang ditawarkan terbilang murah mengingat tujuan wisata yang ditawarkan adalah dari Puncak Darajat Pass.

Wisata Darajat Pass, Salah Satu Paket Liburan Bandung Garut

Paket Liburan Bandung Garut

Foto : andreasdarajatpass.blog.com

Bagai masyarakat Garut, Puncak Darajat Pass sendiri merupakan objek wisata yang terkenal. Tepat berada di bawah Gunung Papandayan yang menjadi objek wisata ini terus menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan memberikan sumber air panas. Di sini pun terdapat kolam renang dengan menyediakan berbagai macam fasilitas outbound.  Area foodcourt pun tentu hadir di lokasi ini. Lokasi dimana secara keseluruhan cukup memadai sebagai area objek wisata yang wajib dikunjungi, khususnya bagi para warga yang berada di luar daerah.

Maka tidah heran jika hal tersebut menjadikan Bandung Adventure menawarkan salah satu paket wisata liburan Bandung Garut yang biasa disebut sebagai paket Wisata Darajat Pass. Di antara pake yang di tawarkan, antara lain menyediakan fasilitas berupa mobil dengan tipe yang sesuai kebutuhan. Artinya, bila jumlah peserta (peminat) cukup banyak, maka yang digunakan adalah bis pariwisata ber-AC. Dan bila jumlahnya kurang dari 20 orang, biasanya yang digunakan adalah transportasi berjenis elf.

Selanjutnya fasilitas lain dari paket ini adalah tiket untuk masuk lokasi, makan siang, cemilan dan lainnya. Tidak lupa untuk hal properti berupa matras atau tikar juga peralatan saat ingin mendokumentasi, tidak perlu dipikirkan karena semua telah disediakan dalam satu paket wisata dari Bandung Adventure. Bahkan Bandung Adventure menyediakan banner selamat datang.

Dengan fasilitas tersebut, untuk membayarnya, kamu hanya mengeluarkan uang dengan harga sekitar 200ribu, ya terbilang cukup masuk akal. Apalagi para peserta tidak perlu memikirkan tips untuk supir. Karena pemandu wisata pun sudah sangat berpengalaman, jadi tidak perlu dipertanyakan lagi pengalamannya.

Nah, untuk gambaran umumnya, biasanya para peserta yang telah mendaftar akan diberitahukan agar berkumpul sebelum jam enam pagi. Sedangkan penentuan tempat berkumpul biasanya tergantung kesepakatan. Yang pasti, pukul enam pagi adalah pembarangkatan menuju kota Garut. Sesampainya di lokasi Darajat Pass, peserta langsung di persilahkan menikmati segala wahana yang ada di dalam objek wisata ini. Selang beberapa lama setalah puas menikmati wahana hingga menjelang waktu untuk makan siang tiba. Setelah makan siang, barulah peserta berkumpul kembali untuk persiapan pulang ke Bandung. Ko cepat Banget? Tentu saja karena paket ke objek wisata ini hanya berlangsung satu hari saja hehe.

Mungkin untuk sementara demikianlah penjelasan tentang salah satu paket wisata liburan Bandung – Garut yaitu berwisata ke Darajat Pass. Apabila kamu merasa tertarik dengan paket ini, maka jangan sungkan untuk langsung menghubungi Bandung Adventure. Namun apabila pembaca menginginkan paket ke tempat wisata lain dari Garut, maka pembaca bisa memilih jasa layanan lain yang menyediakan paket lengkap untuk berwisata ke Garut.

Semoga bermanfaat tetapi jika ingin berlibur tidak jauh atau hanya wilayah bandung mungkin tempat-tempat wisata ini cocok untuk kamu dan keluarga. Selamat menikmati.

Asyiknya Berwisata Ke Gedung Sate Bandung

Mungkin dari kamu ada yang tahu, kira-kira wisata apa saja ya yang  ada di sekitaran Gedung Sate Bandung? Tidak dipungkiri lagi, Bandung adalah kota yang memiliki banyak tempat wisata, enatah itu dari Bandung Tumur, Bandung Barat, Hingga Bandung Selatan yang terkenal dengan Kawah Putih Ciwidey termasuk Situ Patenggang yang tidak jauh dari kawah tersebut.

Nah, bicara soal tempat wisata, sebenarnya Gedung Sate pun kerap kali dijadikan tujuan wisata khususnya bagi mereka para pelancong yang berasal dari luar kota. Ditambah, area sekitar Gedung Sate selalu ramai di waktu-waktu tertentu seperti pada malam Minggu atau Minggu pagi.

Gedung Sate

anekawisatanusantara.blogspot.com
anekawisatanusantara.blogspot.com
 Pada masa penjajahan Belanda, Gedung Sate lebih dikenal dengan sebutan Gouvernements Bedrijven, dari masanya itu hingga saat ini Gadung Sate ini diakusisi oleh pemerintahan Pemprov Jawa Barat.

Nah, kenapa disebut Gedung Sate? Karena bisa kita lihat pada puncak bangunan gedung tersebut terdapat ornamen yang sangat mirip sekali dengan tusuk sate. Gedung bersejarah ini terletak di Jl.Diponegoro no.22 dan bisa diakses dengan cukup mudah, karena lokasinya berada tepat di pusat Kota Bandung.

Gedung Sate berdiri pada tahun 1920, yang di pelopori oleh tim perencanaan bangunan, terdiri dari Ir. Eh. De Roo, Ir.J.Gerber, Gemeente van Bandoeng dan Ir. G. Hendriks yang dipimpin langsung oleh Kol. Pur. VL. Slors. Hingga kini Gedung Sate yang jadi kebanggaan warga Jawa Barat ini disebut-sebut sebagai bangunan dengan arsitektur paling indah di Indonesia, karena bangunan ini memadukan budaya barat dan timur.

Jalan-Jalan di Dekat Gedung Sate

Selain Gedung Sate, ternyata ada beberapa wisata alternatif yang di sekitaran Gedung Sate Bandung. Berikut contohnya:

  • Museum Geologi

Tidak jauh dari Gedung Sate hanya sekitar 2 menit dari arah bagian timur ada sebuah Museum Geologi Bandung yang mejadi wisata alternatif  pelajar sebagai tempat rekreasi. Bangunan yang masih kental dengan arsitektur kolonial Belanda ini menyuguhkan wisata edukasi yang cocok dikunjungi untuk keluarga maupun anak muda (pelajar).

Banyak sekali informasi yang bisa kita temukan disini, mulai dari edukasi tentang tata surya hingga pada pembentuk ideologi Indonesia. Di museum ini pun kita dapa melihat fosil-fosil hewan maupun manusia pada zaman purbakala, termasuk jenis-jenis batu yang ada dalam bumi, replika anjungan lepas pantai juga pertambangan. Selain itu bisa melihat sejarah pembentukan Danau Bandung, dan masih banyak yang lainnya lagi.

  • Pasar Minggu Gasibu

Bagi kamu orang bandung tentunya tahu, pada saat minggu pagi biasanya di sekitar gedung sate ini kita akan menemukan pasar ribut (kaget), tepatnya di Lapangan Gasibu yang berada di depan Gedung Sate. Pasar ini hanya buka dari pukul 06.00 pagi hingga menjelang siang 09.00-10-00 memang selalu ramai.

Karena hari minggu adalah waktu libur sekaligus bersantainya para pegawai makanya banyak pengunjung yang datang setiap paginya untuk berolahraga, bersantai, berjalan-jalan sekaligus berbelanja dari para pedagang di pasar kaget tersebut.

Barang-barang yang dijual di pasar pun Gasibu ini bermacam-macam, mulai dari alat elektronik, pakaian, tas, hingga sepatu. Dan hebatnya selain sebagai tempat jual beli barang, mejeng, jalan-jalan dan lain sebagainya, kita juga akan menemukan banyak macam kuliner, terutama makanan khas Bandung seperti siomar, batagor, mie kocok, dan lain sebagainya. Soal harga, kamu tidak perlu khawatir, karena harga barang atau makanan di sini relatif murah dan terjangkau.

Namun setelah Kang Emil menjabat sebagai Walikota Bandung pasar kaget ini berpindah tempat, yang saati ini letaknya berada di sekitar monumen pahlawan depan kampus UNDAP Depati Ukur. Penyebabnya sepele, mengurangi tingkat kemacetan yang selalu terjadi setiap minggu paginya.

Itulah beberapa lokasi wisata di sekitaran Gedung Sate Bandung, Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berlibur ke Bandung.

5 Tempat Wisata yang Ada di Kota Bandung

Kota Bandung selain sebagai pulau destinasi wisata kuliner, kamu juga akan menjumpai banyak tempat belanja serta factory outlet yang masing-masing menawarkan berbagai produknya yang khas dan relatif murah dan sangat khas mencirikan produk kota Bandung.

Selain itu, Bandung semakin banyak menyediakan tempat wisata sebagai tempat tujuan berlibur, dan ini menjadikan destinasi selama hari libur akan semakin banyak di penuhi oleh para wisatawan, baik dalam negri maupun luar negri. Berikut adalah daftar tempat wisata Bandung yang wajib kamu kunjungi.

1. Museum Geologi

Pada tahun 1928 Musemu Geologi ini di bangun, yaitu sebagai salah satu objek wisata di Bandung. Dimana saat ini menjadi ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan, baik dari kalangan pelajar dan mahasiswa hingga publik luas, termasuk bagi penikmat perjalanan dari mancanegara. Sebelum memasuki Museum ini, kamu akan menjumpai dua lantai utama yang bisa kamu bandingkan dengan masing-masing ruang yang dimilikinya.

Kunjungan para pelajar ke Museum Geologi di Kota Bandung

Ada Ruangan yang menampilkan koleksi tentang sejarah, fosil-fosil, bumi dan tata surya. Sedangkan Ruang Orientasi yang ke dua berisi peta geografis Indonesia berbentuk relief. Sedangkan untuk ruangan di sayap timur, lebih menerangkan pengetahuan tentang sejarah pertumbuhan makhluk hidup.

Namu ketika berada di lantai dua, kamu akan melihat maket tambang emas terbesar di dunia yang ada di Papua.

2. Cihampelas Walk

Cihampelas Walk, atau biasa lebih kita kenal dengan sebutan Ciwalk, adalah kawasan perbelanjaan yang mengusung konsep alami di Bandung.

Cihampelas Walk di Bandung

Tidak hanya itu, jika kamu ingin menghabiskan waktu berasama orang-orang dekat hanya sekedar menghabiskan makan malam di Ciwalk, merupakan sebuah keputusan yang tepat sekaligus mengasyikkan. Udara yang sejuk dan bersih akan membuat kamu betah berlama-lama di sana.

3. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung merupakan tempat wisata yang ada di kota Bandung ini sangat dan banyak sekali digemari oleh para keluarga. Selain sambil menikmati wahana di dalamnya, Trans Studio menyediakan 6 pertunjukan utama yang bertema teatrikal, yakni Legenda Putera Mahkota, Kabayan Goes to Hollywood, Special Effect action show, Petualangan si Bolang dan zoo crew,  Laser Show and New Parade, dan terakhir adalah Trans Studio Big Band.

Memasuki pintu masuk Trans Studio Bandung

Objek wisata di Trans Studio ini menawarkan Anda 20 wahana permainan, mulai dari yang extreme rides hingga softplay untuk anak-anak, dan berbagai kegiatan hiburan lainnya.

4. Kebun Binatang Bandung

Ternyata Kebun Binatang merupakan destinasi wisata Bandung yang cukup populer. Karena bisa di pastikan ada banyak kalangan penikmat perjalanan yang  setiap harinya datang mengunjungi Kebun Binatang ini, terutama sebagai tujuan wisata keluarga yang murah di Bandung serta memberi banyak manfaat positif bagi anak-anak.

Menunggang gajah di Kebun Binatang Bandung

Areal wisata kebun binatang ini sangat sejuk di tambah dengan rimbun daun dan pepohonan, sehingga sedikitnya membuat kebun Binatang yang ada di Kota Bandung ini memjadi terlihat lebih hijau nan asri dan nyaman.

5. Museum Konferensi Asia Afrika

Ternyata Museum Konferensi Asia Afrika dari dulu hingga saat ini menyimpan banyak kenangan dari hajatan dunia yang terkenal pada masa itu, yakni Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung pada tahun 18-24 April 1955 silam.  Dan hasilnya yang masyhur dalam sebutan Dasa Sila Bandung, yaitu sebuah pedoman bangsa-bangsa terjajah di dunia dalam perjuangan memperoleh kemerdekaan.

Salah satu sudut dalam Museum Konferensi Asia Afrika di Bandung

Objek wisata yang satu ini memiliki rancang arsitektural Art Deco, yang dibangun dengan bahan lantai dasar marmer dan itu langsung didatangkan langsung dari Italia. Ruangannya dibuat dari kayu Cikenhout yang terkenal kuat dan berpenerangan lampu kristal. Museum Konferensi Asia Afrika adalah bagian yang tak terpisahkan dari Gedung Merdeka (tempat persidangan konferensi).

6 Tempat Wisata Bandung yang Paling Populer

Bandung adalah tempatnya wisata yang memiliki banyak sekali peminat, seolah pengunjung atau wisatawan tiada bosannya untuk mengunjungi kota Kembang Jawa Barat ini. Apalagi ketika datang hari libur (panjang), wisatawan bisa bertaburan hampir diseluruh Kota Bandung yang ada tempat wisatanya.

Tidak usah berlama-lama sebagai pelengkap Informasi berikut dalah daftar tempat wisata paling populer dan paling banyak di kunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar daerah. menjadi tujuan akhir pekan untuk banyak orang, apalagi hari libur panjang, wisatawan bisa berlipat ganda.

1. Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Ciwidey
initempatwisata.com

Kawah putih adalah tempat yang sudah lama populer dan kebanyakan para wisatawan yang datang berkunjung berasal dari luar daerah. Bisa dikatakan Kawah Putih merupakan objek wisata dengan kategori keindahan alam yang memiliki pesona sehingga tersendiri, sehingga mampu menarik banyak wisatawan untuk datang berkunjung.

2. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Dalam kisah atau cerita kuno legendanya, Gunung Tangkuban Perahu. Kami percaya kamu pasti sudah sering dengar, membaca atau melihat langsung tempat wisata ini. Jadi sudah sejak lama, Gunung Tangkuban Perahu menjadi salah satu tempat paling favorit bagi para wisatawan khususnya bagi mereka yang berada diluar daerah.

3. Trans Studio Bandung

Ada yang sudah pernah ke Trans Studio Bandung? Mungkin bagi orang bandung ini tempat ini sudah tidak asing lagi kali ya, sebuah wahana wisata yang berada di dalam ruangan dan terbesar di Indonesia, bahkan katanya ada beberapa sumber jlain yang mengatakan bahwa Trans Studio Bandung juga menjadi wahana wisata dalam ruangan yang terbesar di Asia.

Hehe menarik juga, tapi tidak di pungkiri, jika kamu telah berada di dalam, pasti akan menemukan banyak sekali tempat untuk bermain. Bisa di bilang Ancol mininya, hanya saja berada dalam ruangan hehe.

4. Kampung Gajah Wonderland

Sebagai tempat wisata, Bandung juga memiliki pedoman one stop recreation yaitu Kampung Gajah. DI tempat ini bisa dikatakan cukup lengkap dengan bebrapa wahana yang biasa di coba pada umumnya lebih untuk kuluarga dan anak lebih mendominasi. Selain itu, untuk kamau yang doyang makan, ternyata disini terdapat juga empat macam restoran yang menghidangkan makanan khas Jepang, Asia, Western dan juga Indonesia. Wow, Selamat berkunjung.

5. Saung Angklung Mang UDJO

Saung Angklung ujo adalah sebuah tempat pertunjukan selain itu sebagai pusat kerajinan tangan yang terbuat dari bahan bambu, juga tempat workshop berbagai instrumen musik yang berasal dari bambu.

Selain itu, Saung Angklung Udjo memeiliki tujuan untuk menjadi pusat laboratorium pendidikan dan juga menjadi pusat untuk belajar memelihara berbagai kebudayaan khas Sunda, khususnya angklung yang terbuat dari bambu ini. Sangat cocok untuk kamu yang mau berwisata sekaligus menjadi ajang pendidikan dalam melestarikan budaya Indonesia, khususnya Sunda.

6. Kebun Strawberry Petik Sendiri

Ternyata di Bandung ada tempat wisata khusus yang kategorinya masuk dalam agrobisnis salah satunya adalah Kebun Strawberry. Hebatnya di Kebun Strawberry ini para pengjunjung di persilahkan untuk memtik sendiri Strawberry yang mereka pilih, dengan catatan tidak untuk di bawa pulang, melain kan setelah memetik buah Strawberry ini, kamu bisa langsung memkannya.

Selain itu kamu dapat melihat indahnya pemandangan sekitar di daerah Lembang Bandung Selatan seperti alam pesawahan, kebun teh dan juga pegunungan. Udara segar sudah menjadi ciri khas dari kawasan Bandung sang kota Kembang.

5 Taman Tematik Baru Kota Bandung yang Mengagumkan

Sejak zaman dahulu, Bandung telah dikenal sebagai kota yang memiliki banyak taman. Hingga saat ini, taman-taman tersebut sebagian besar masih ada, diantaranya Taman Ganesha dan Taman Maluku. Nah, setalah memasuki era pemerintahan Wali Kota Baru Pak Ridwan Kamil, taman-taman di Bandung pun mulai dibenah kembali dengan menghadirkan taman-taman tematik baru yang di beberapa titik di Kota Bandung.

Maka, sampai saat ini wajar bila bandung dikenal dengan dengan sebutan Kota Kembang. Karena saat ini Bandung semakin nyata terlihat akan penghijauanya yang mulai banyak dipenuhi dengan pepohonan dan bunga-bunga yang asri nan memanjakan mata.

Pertumbuhan gedung yang menjulang terus diimbangi dengan ruang terbuka hijau lagi nyaman termasuk di antaranya beberapa taman teman tematik, diantara tamannya adalah sebagai berikut :

1. Taman Vanda

Taman Vanda Bandung

Taman Vanda Bandung | Foto : ha.hn.web.id

Nama Vanda sendiri diambil dari salah satu nama jenis anggrek. Lalu dinamakanlah Taman Vanda, dimana taman ini biasanya di penuhi oleh kaum muda-mudi, tetapi tidak kalah juga untuk para orang tua dan anggota keluarga lainnya, mereka yang lebih mendominasi pada kawasan ini karena dekat dengan pusat kota. Letak taman ini berada  di Jalan Merdeka bawah tepat di antara Polrestabes Bandung dengan Gedung Bank Indonesia.

Taman yang juga di dilengkapi dengan air mancur. Tidak sampai disitu, rencananya Kang Emil, kedepannya Taman Vanda ini akan dilengkapi dengan hiasan ornamen-ornamen patung.

2. Taman Pustaka Bunga Cilaki

Taman Pustaka Bunga Bandung

Taman tematik Pustaka Bunga Cilaki adalah taman yang di penuhi oleh berbagai macam jenis tanaman bunga yang indah nan cantik. Tman ini terletak di Jalan Diponegoro, tidak jauh dari Gedung Sate, Sebuah gedung yang terkenal sebagai ikon dari Kota Bandung.

Namanya saja Bunga Cilaki, jelas taman ini pasti dipenuhi dengan ratusan bunga dari berbagai jenis bunga. Beberapa jenis tanaman bunga yang ditanam di taman ini adalah Kalanchoe, Amaryllus, Bougenville, Poinsettia, dan Rhodonderon. Ada juga macam jenis tanaman anggrek yang cukup langka, dan itu bisa dijumpai di taman ini. Hingga dengan keindahan dan kesejukan taman ini membuat siapapun yang berada di taman ini akan merasa betah berada di dalamnya. Pengunjung yang mau masuk pun dilarang membawa makanan, minuman, atau binatang peliharaan ke dalam lokasi taman ini.

3. Taman Jomblo

Taman Jomblo Bandung

Jika kamu warga Bandung yang masih dan merasa jomblo, tentunya tahu dong Taman Jomblo yang satu ini, taman ini berada di bawah kolong jembatan layang Pasupati, tepatnya berada di daerah Tamansari dekat jalan Ganesha atau jalan Dago.

Sebenarnya jika kalian mau tahu, nama taman ini tidak sengaja secara iseng dicetuskan oleh Wali Kota Ridwan Kamil, dimana masih banyak muda mudi yang masih tidak memiliki pasangan (jangan-jangan kamu termasuk lagi hehe). Tak lupa taman ini pun diisi dengan berbagai tanaman, arena skate board dan balok-balok bangku yang biasa menjadi tongkrongan para kaum muda.

Cukup di acungi jempol, ratusan jempol malah. Bahwa Kang Emil bisa merubah sebuat tempat yang dahulunya kurang diperhatikan ini, kini telah dibangun menjadi taman tematik yang asri dan nyaman untuk dikunjungi. Pengunjung bisa menikmati taman ini dengan bersantai atau berolahraga dengan menggunakan skate board (kaum muda).

4. Taman Fotografi

Taman Fotografi Bandung

Taman di sekitar Jalan Anggrek ini sengaja dibangun, dimaksudkan untuk berkumpulnya komunitas foto di Bandung. Terlihat banyak fasilitas yang disediakan di tamanini untuk menunjang kegiatan berfoto, seperti spot foro dan cermin juga dilengkapi dengan bangku desain unik untuk duduk bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana taman yang asri. Karena taman ini juga sebagian besar dikunjungi oleh mereka yang tidak bermaksud berfoto-foto.

5. Taman Persib

 s.kaskus.id
s.kaskus.id

Bandung adalah salah satu kota yang tidak bisa lepas dari tim sepakbola khususnya Persib Bandung. Tim dengan julukan ‘Maung Bandung’ itu begitu disanjung para fans fanatiknya. Maka itu dibuatlah taman tematik di kawasan Jalan Supratman. Di dalamnya ada lapangan sepakbola dan museum terbuka yang bertemakan Persib Bandung.

Itulah contoh lima taman tematik terbaru di Kota Bandung. Semoga kedepannya akan semakin banyak lahan-lahan tidak terawat di Bandung agar bisa dijadikan taman yang asri dan sejuk.

Rencananya pada tahapan berikutnya, akan membuat beberapa taman baru, antara lain: Taman Zikir, Taman Lampion, Taman Anjing, Taman Superhero, Taman Buku, Taman Dinosaurus. Berbagai taman dengan berlainan tema ini dapat dikunjungi oleh semua lapisan masyarakat tak terkecuali untuk semua usia.

Inilah Kumpulan Galeri Foto Bandung Tempo Dulu

Apa yang bisa kita lihat gambaran hidup dari masa lalu? Selain hanya kenangan tentu, ada cerminan diri, lingkungan juga keadaan yang bisa kita jadikan patokan sebuah simbol perubahan dimana, perubahan itu akan kita lihat setelah beberapa tahun yang akan datang.

Dan kali ini kita akan melihat bagaimana Bandung tempo dulu sekaligus menyusuri penggalan sejarah tertutama pada beberapa lokasi yang dapat dilihat di Kota Bandung. Berikut tempat-tempatnya jaman dulu.

Gedung Sate

jabarprov.go.id
jabarprov.go.id

Ada yang tau bahwa foto di atas ini ( Gedung Sate ) adalah simbol yang gambarnya sering dijadikan kartu pos. Gerber merancang gedung paling monumental di Indonesia ini berada dalam gaya Indo-Eropa, yang memadukan bermacam gaya moorish Spanyol, art deco, renaissance Italia dan Sunda. Uniknya Gedung Sate ini dibangun secara diagonal tepat menghadap Gunung Tangkuban Perahu.

Braga

Foto Bandung Tempo Dulu
jabarprov.go.id

Siapa yang tak kenal Braga? Hampir sepenggal jalan ini menjadi ikon khusus untuk kota Bandung. Dahulu tempat ini sering dipadati para pejalan kaki yang akan bragaderen, kalo kata kita sekarang disebut “ABG mejeng”. Bahkan hingga saat ini Braga tetap eksis dalam kunjungan para kaum muda termasuk para wisatawan asing.

Banyak toko-toko disepanjang jalan ini didirkan untuk memenuhi kebutuhan pokok (barang apapun) bagi warga Bandung, tetapi saat itu kebanyakan dari Eropa yang lebih mendominasi. Maka, diimporlah produk sandang dan pangan diantaranya makanan dan minuman, mobil-mobil mewah hingga model pakaian terkini.

Inikah yang membuat tempat ini dijuluki “The Fifth Avenue of the East“? Pastinya Baraga merupakan salah satu jalan dari tiga jalan yang di bangun pertama kali di Bandung. Lainnya adalah Jalan Merdeka dan Jalan Asia-Afrika.

Alun-alun

jabarprov.go.id
jabarprov.go.id

Alun-alun adalah taman publik pertama yang di bangun di kota Bandung. Konsepnya tidak jauh berbeda dengan beberapa kota yang ada di Jawa seperti Catur Gatra.

Sebelah barat terdapat tempat peribadatan monumental Mesjid Agung yang kini menjadi pusat kota. Untuk di sisi tmur sendiri ada pusat aktivitas komersial yang dulu sangat ramai yaitu Palaguna dan beberapa bioskop sebagai tempat hiburan paling bagus pada masa itu. Sedangkan  untuk sebelah selatan adanya bangunan rumah pendopo sebagai pusat pemerintahan kota Bandung.

Penjara Banceuy

jabarprov.go.id
jabarprov.go.id

Penjara ini dibangun  pada tahun 1877 hingga berdiri cukup lama, penjara Banceuy ini pun diruntuhkan tahun 1984. Untuk menandakan bahwa di sini pernah dibangun sebuah penjara, sekaligus menyisakan sebuah menara pengawas di sepanjang (pinggir) jalan yang berpagar rantai dan besi. Nah, itu yang bisa dilihat dari tampak luar, sedangkan di dalam kompleksnya sendiri, ada beberapa pertokoan yang bisa kita lihat dengan ruang sel sekaligus dulu sel ini pernah di tempati oleh Presiden pertama Ir. Soekarno.

Taman Dewi Sartika

Taman Dewi Sartika ini di Bangun pada tahun 1864 dan letaknya tak jauh bisa dikatakan menyatu dengan Kantor Kodya Bandung yang bergaya geometric art deco.

Asia-Afrika

jabarprov.go.id
jabarprov.go.id

Dulunya jalan ini lebih di kenal Jalan Raya Pos. Jalan Asia-Afrika adalah penanda awal berdirinya Kota Bandung. Pada tahun 1810 inilah Gubernur Jenderal Hindia-Belanda dan Herman Willem Daendels, menancapkan tongkatnya di suatu titik di sisi De Groote Postweg. Di mana titik itu hingga dikenal dengan nama Kilometer 0.

Dan pada saat itu Daendels pun membujuk Bupati Bandung yang ke-6, Raden Wiranatakusumah II, untuk memindahkan Ibukota Bandung dari Karapyak (16 km selatan Bandung) ke Alun-alun kota yang sekarang menjadi pusat atau centra perdagangan warga Bandung. Titik kilometer 0 ini letaknya tidak jauh dari pelataran Hotel Grand Preanger.

Sungai Cikapundung

Ternya Deandels punya alasan kenapa Ibukota lama harus di pindahkan ke Alun-alun kota. Ya, Sungai Cikapundunglah yang menjadi salah satu alasan besar, karena Sungai bersejarah ini merupakan sumber penghidupan bagi warga Bandung saat itu dalam mencari sumber air.

Pada zaman prasejarah pula, saat danau besar Bandung masih ada, Sungai Cikapundung ini berada 30 meter di bawah permukaan danau. Manusia prasejarah yang tinggal di perbukitan utara saat itu, ternyata biasa menyebrangi danau sebelum tiba di selatan Bandung untuk menyelsaikan suatu urusan tertentu.

Taman Lalu Lintas

Taman Lalu Lintas dibandung pada tahun 1910-an yang awalnya, taman ini diberi nama Insulinde Park sekaligus digunakan sebagai tempat upacara bagi militer Hindia Belanda. Ya, kawasan ini merupakan kawasan militer. Jadi disarankan untuk kamu jangan sembarangan memotret kalau tidak ingin kamera kamu dimintai oleh para penjaga sangar hehe.

Taman Maluku

pinterest.com
pinterest.com

Sedangkan untuk Taman Maluku yang satu ini, dahulunya bernama Molukkenpark. Sangat khas dengan adanya patung pendeta militer Belanda Verbraak yang sebagai penanda pada taman ini ( tepat berada di sudut utaranya). Jangan salah ternyata waria itu sudah ada dari jaman dulu dan taman ini adalah tempat berukumpulnya apra waria hihi geli juga yak. Jadi jika kamu berani melintas malam-malam di sini, dijamin banyak penggoda termasuk germo yang menggoyahkan iman.

Mungkin hanya itu beberapa potret Bandung Tempo Dulu, tetapi jika kamu menemukan dan punya sumber lain tentang Bandung dulu yang lebih lengkap silahkan di sharekan saja plus komen hehe makasih.

Indahnya Wisata Situ Patenggang Bandung

Situ Patenggang atau sering juga disebut Situ Patengan adalah sebuah danau cantik yang terletak di daerah Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat yang berada di ketinggian 1600 mdpl dengan luas sekitar 45.000 hektar. Serta total cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Situ patenggang selalu menjadi destinasi yang populer dikunjungi wisatawan. Hanya membutuhkan jarak dengan waktu tempuh 47 km dari kota Bandung, apalagi jaraknya dari tempat wisata kawah putih hanya sekitar 7 KM dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja untuk sampai ke Situ Patenggang.

Sejauh mata memandang lurus di depan, tempat ini menyuguhkan pemandangan yang begitu mempesona, terlihat hamparan kebun teh hijau laksana sebuah karpet alam yang terbentang indah pada sebuah daratan. Sangat memikat hati dan membuat siapapun yang melihatnya pasti ingin berlama-lama walau hanya untuk satu pengabilan foto.

Semilir udara sejuk khas pegunungan beserta hangatnya matahari menyentuh kulit turut menambah pesonanya. Kita bisa merasakan ketenangan saat berada di danau ini dan menikmati sejuknya udara pegunungan yang begitu dingin. Ditambah lagi letaknya tidak jauh dari obyek wisata lain yang kebanyakan orang lebih sering mengunjungi tempat tersebut, yaitu Kawah Putih. Jadi dengan mengunjungi satu lokasi, sebenarnya dapat menikmati dua tempat wisata menarik sekaligus yaitu Kawah Putih dan Situ Patenggang.

Asal Muasal Situ Patenggang

Dahulu kala, konon danau (situ) ini hanyalah sebuah kawasan cagar alam. Hingga pada tahun 1981 danau seluas 45.000 hektar ini resmi dibuka oleh pemerintah kota Bandung menjadi sebuah tempat wisata alam khususnya bagi para warga kota Bandung.

Horizon hijau Situ Patenggang

Kata “situ” berasal dari bahasa Sunda yangberarti danau dan “patengan” adalah saling mencari. Alkisah dari cerita lokal setempat, ada sepasang anak manusia yang saling mencintai, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Namun keduanya terpisah dalam jangka waktu yang cukup lama. Karena rasa rindu yang kian mendalam itu, akhirnnya mereka memutuskan untuk saling mencari satu-sama lain, hingga akhirnya mereka dipertemukan disebuah batu yang saat ini lebih dikenal dengan Batu Cinta. Setelah itu sang putri Dewi Rengganis pun meminta dibuatkan danau pada Ki Santang, Lalu dibuatkanlah danau dan perahu aga mereka dapet pergi berlayar bersama. Menurut cerita, yang singgah di batu cinta dan mengelilingi pulau asmara, senantiasa mendapat cinta yang abadi seperti mereka.

Cerita masyarakat ini terus merambah hingga mereka menyebut perahu, Batu dan Danau tersebut adalah Pulau Sasaka atau Pulau Asmara yang berbentuk hati. Karena diyakini, siapa saja yang ingin mengelilingi pulau atau Batu Cinta tersebut dengan menaiki perahu maka akan mendapatkan cinta sejatinya sebagai mana yang telah dikisahkan pada Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Sisi Menari Pada Danau Situ Patenggang

initempatwisata.com
initempatwisata.com

Ada banyak waha yang disediakan oleh Danau atau Situ Patenggang ini. Mulai dari mengelilingi danau dengan perahu, bersepedah air, mengunjungi batu cinta, memancing, mengililingi kebun teh atau sekedar berpiknik di pinggiran danau. Inilah mengapa objek wisata Ciwidey yang satu ini menjadi paling banyak disukai sebagai salah satu destinasi wisata keluarga favorit di Bandung.
Nah, jika kamu dan pasangan, teman atau keluarga ingin mengelilingi pulau asmara, terlebih dahulu kamu harus menyewa perahu yang disediakan untuk pengunjung setiap harinya. Kondisi perahu cukup terawat dan aman. Hanya dengan membayar tiketnya di sekitar Rp 18.000 pintu masuk kamu sudah bida menggunakan perahu tersebut. Pulau ini terletak dibangian tengah danau dan terlihat rindang dengan ditumbuhi banyak pepohonan.

Lokasi dan Transportasi

Lokas Situ patenggang sendiri tidak jauh dari Kota Bandung, tempat ini terletak di daerah Bandung selatan dan kurang lebih jika ingin ketempat ini, hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 35 KM dari kota Bandung.

Transportasi

Untuk transportasi menuju lokasi Situ Patenggang, bisa menggunakan angkutan umum berupa bis dari terminal leuwipanjang ke terminal ciwidey, itu bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Setelah itu disambung dengan angkutan desa ke Situ. Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa melalui jalur jalan Kopo – Soreang – Ciwidey – Situ Patenggang.

Akomodasi

Tiket masuk yang di tawarkan oleh tempat wisata ini adalah Rp18.000 / orang, ini untuk hari biasa, sedangkan hari libur tarif bisa mencapai 20.000 / orang. Sarana yang tersedia antara lain, memiliki tempat parkir yang cukup luas, mushala, toilet umum dan tempat menginap yang berada di bawah pengelolaan Perhutani. Selain itu juga terdapat banyak gazebo yang bisa digunakan untuk istirahat di sekitar objek wisata.

 

Ngintip Keunikan Wisata Alun-alun Bandung Yuk!

Sebenarnya Alun-alun Bandung itu bukan alun-alun yang dicirikan oleh banyak orang, Melainkan Plaza Masjid Bandung. Karena sebidang tanah tersebut telah diakuisisi alias sudah menjadi milik Masjid Raya Bandung, tetapi banyak orang Bandung yang masih menyebutnya sebagai alun-alun. But it’s no prob. :)

Maka setelah Kang Emil yang  saat ini menjabat sebagai wali kota Bandung, Alun-alun kota Bandung mulai direnovasi beberapa kali hingga terakhir dilakukan pada 2014 dengan biaya yang kabarnya mencapai 10 miliar rupiah dan seluruhnya biaya tersebut merupakan donasi. Wow kerenkan Bandung hehe.

Alun Alun Bandung  saat ini sedang trend khususnya bagi kalangan warga dan masyarakat Bandung itu sendiri. Dikarenakan adanya taman baru yang menjadi daya tarik destinasi wisata sejak diresmikannya pada akhir Desember 2014 oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Selain menjadi daya tarik tersendiri, Alun-alun ini memberikan raung terbuka sebagai taman yang bersih lagi hijau untuk warga kota Bandung. Di bawah ini keunikan-keunikan yang ada di sekitar Alun-alun Kota Bandung

Jalan Asia Afrika

ganzzssparrow.wordpress.com
ganzzssparrow.wordpress.com

Alun-alun tidak hanya memiliki, taman sintetis hijau tapi juga memiliki beberapa tempat bersejarah salah satunya adalah gedung sekaligus jalan Asia Afrika yang merupakan situs bangunan bersejarah. Gedung ini pernah menjadi saksi bisu sebagai tempat penginapan para tamu dan wartawan asing yang dalam sejarahnya saat itu mereka sedang mengukuti Koferensi Asia Afrika tahun 1955 dan di ikuti oleh beberapa negara tentangga lainnya.

Mesid Agung Raya Bandung

youtube.com
youtube.com

Alun-alun kota khususnya Bandung, pasti identik sama yang namanya Masjid Agung Raya Bandung, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan “mesjid alun-alun Bandung”. Yaitu tempat yang menjadi pusat kota Bandung dimana masjid ini memiliki dua menara kembar yang setiap kali weekend pengjung atau warga bisa menaiki menara tersebut.

Tarif yang dikenaikan pun cukup muruh, yaitu sekitar Rp. 3000.00,- Rupiah, dengan durasi setiap kali berada diatas, pengunjung hanya dikasih jatah waktu kurang lebih 15 menit. Walau kurang puas, tapi setidaknya bagi saiapun warga atau wisatawan yang telah berada di atas, bisa dipastikan tidak akan pernah menyesal bahkan ada yang mau sampai berlama-lama di atas. Yah begitulah Bandung bisa di lihat hanya karena kamu berada di atas menara tersebut.

Rumput Sintetis

Rumput Sintetis
asriputririzqiah.wordpress.com

Pada saat pembanguananyang berasamaan, rumput sintetis pun di buat dengan bentuk desain bergaris kotak-kotak. Hamparan rumput sintetis yang hijau ini melapisi taman Alun-alun Bandung yang luas lahannya sekitar 4.000 meter persegi. Sehingga menjadi wisata baru bagi warga Kota Bandung baik local maupun pendatang yang berada di luar kota.

Selain hanya menikmati empuknya rumput sintetis ini, warga juga bisa melakukan berbagi macam aktifitas lain termasuk jika ada kegiatan islami yang di adakan oleh berbagai himpunan atau intansi dari masyarakat. Seprti menggunakan wahana baru yaitu taman bermain untuk anak hingga paling sering di jadikan objek fotografi oleh beberapa pecinta dunia fotograpi.

Kerennya, sebelum memasuki area rumput sintetis tersebut, warga harus melepaskan alas kaki mereka, untuk alas kakinya bisa disimpan di pinggir atau dititipkan di tempat penitipan barang yang ada di sekitar lokasi.

Tidak hanya itu, untuk meyakinkan pada para warga, alun-alun ini memiliki identitas yang bersimbol untuk menegaskan bagi para wisatawan yang datang dengan tulisan alfabet “Alun-alun Bandung” dan berukuran besar berwarna merah. Sehingga menjadi pemanis di sekitar taman sekaligus berdampingan dengan halte tepat bagi warga yang sedang menunggu bus kota disekitar kawasan tersebut.

Parkir Kendaraan Luas

Bagi para wisatawan atau warga yang mau bermain-main ke Alaun-alun Bandung tidak perlu khawatir untuk memarkirkan kendaraannya masing-masing, karena sejumlah area parkir telah disediakan di sana seperti yang berada di basement Masjid Raya Provinsi Jawa Barat atau tepat di bawah taman sintesis.

Hotel Swarha

Nah, selain itu disebelah selatan taman Alun Alun Kota bandung, kita bisa menemukan sebuah Pendopo yang letaknya tidak jauh dengan Gedung Palugan. Tetapi kalo bangunan yang ada di sebelah barat ada Masjid Agung. Dan ada sebuah gedung yang letaknya berada di sekitaran Alun Alun Kota dan biasanya gedung ini sering terlupakan, bahkan jarang sekali dikeathui oleh masyarakat Bandung khususnya generasi muda saat ini termasuk para wisatawan domestik maupun mancanegara. Bangunan itu adalah Hotel Swarha yang letaknya tepat berada di belakang Masjid Agung.

Lokasi Strategis

Berwisata di Alun Alun Bandung bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum. Karena letak lokasinya cukup strategis ini, menjadikan Taman Alun Alun menjadi mudah ditempuh dengan menggunakan kendaraan, baik yang beroda dua atau pun yang beroda empat. Selamat berwisata di Kota Bandung.

Tetapi jika masih sulit bagi kamu yang belum pernah apalagi jauh di luar kota, jika ingin berkunjung ke kota Bandung, kamu bisa menggunakan peta lokasi Bandung Jawa Barat yang kamu searching di Google.