5 Taman Tematik Baru Kota Bandung yang Mengagumkan

Sejak zaman dahulu, Bandung telah dikenal sebagai kota yang memiliki banyak taman. Hingga saat ini, taman-taman tersebut sebagian besar masih ada, diantaranya Taman Ganesha dan Taman Maluku. Nah, setalah memasuki era pemerintahan Wali Kota Baru Pak Ridwan Kamil, taman-taman di Bandung pun mulai dibenah kembali dengan menghadirkan taman-taman tematik baru yang di beberapa titik di Kota Bandung.

Maka, sampai saat ini wajar bila bandung dikenal dengan dengan sebutan Kota Kembang. Karena saat ini Bandung semakin nyata terlihat akan penghijauanya yang mulai banyak dipenuhi dengan pepohonan dan bunga-bunga yang asri nan memanjakan mata.

Pertumbuhan gedung yang menjulang terus diimbangi dengan ruang terbuka hijau lagi nyaman termasuk di antaranya beberapa taman teman tematik, diantara tamannya adalah sebagai berikut :

1. Taman Vanda

Taman Vanda Bandung

Taman Vanda Bandung | Foto : ha.hn.web.id

Nama Vanda sendiri diambil dari salah satu nama jenis anggrek. Lalu dinamakanlah Taman Vanda, dimana taman ini biasanya di penuhi oleh kaum muda-mudi, tetapi tidak kalah juga untuk para orang tua dan anggota keluarga lainnya, mereka yang lebih mendominasi pada kawasan ini karena dekat dengan pusat kota. Letak taman ini berada  di Jalan Merdeka bawah tepat di antara Polrestabes Bandung dengan Gedung Bank Indonesia.

Taman yang juga di dilengkapi dengan air mancur. Tidak sampai disitu, rencananya Kang Emil, kedepannya Taman Vanda ini akan dilengkapi dengan hiasan ornamen-ornamen patung.

2. Taman Pustaka Bunga Cilaki

Taman Pustaka Bunga Bandung

Taman tematik Pustaka Bunga Cilaki adalah taman yang di penuhi oleh berbagai macam jenis tanaman bunga yang indah nan cantik. Tman ini terletak di Jalan Diponegoro, tidak jauh dari Gedung Sate, Sebuah gedung yang terkenal sebagai ikon dari Kota Bandung.

Namanya saja Bunga Cilaki, jelas taman ini pasti dipenuhi dengan ratusan bunga dari berbagai jenis bunga. Beberapa jenis tanaman bunga yang ditanam di taman ini adalah Kalanchoe, Amaryllus, Bougenville, Poinsettia, dan Rhodonderon. Ada juga macam jenis tanaman anggrek yang cukup langka, dan itu bisa dijumpai di taman ini. Hingga dengan keindahan dan kesejukan taman ini membuat siapapun yang berada di taman ini akan merasa betah berada di dalamnya. Pengunjung yang mau masuk pun dilarang membawa makanan, minuman, atau binatang peliharaan ke dalam lokasi taman ini.

3. Taman Jomblo

Taman Jomblo Bandung

Jika kamu warga Bandung yang masih dan merasa jomblo, tentunya tahu dong Taman Jomblo yang satu ini, taman ini berada di bawah kolong jembatan layang Pasupati, tepatnya berada di daerah Tamansari dekat jalan Ganesha atau jalan Dago.

Sebenarnya jika kalian mau tahu, nama taman ini tidak sengaja secara iseng dicetuskan oleh Wali Kota Ridwan Kamil, dimana masih banyak muda mudi yang masih tidak memiliki pasangan (jangan-jangan kamu termasuk lagi hehe). Tak lupa taman ini pun diisi dengan berbagai tanaman, arena skate board dan balok-balok bangku yang biasa menjadi tongkrongan para kaum muda.

Cukup di acungi jempol, ratusan jempol malah. Bahwa Kang Emil bisa merubah sebuat tempat yang dahulunya kurang diperhatikan ini, kini telah dibangun menjadi taman tematik yang asri dan nyaman untuk dikunjungi. Pengunjung bisa menikmati taman ini dengan bersantai atau berolahraga dengan menggunakan skate board (kaum muda).

4. Taman Fotografi

Taman Fotografi Bandung

Taman di sekitar Jalan Anggrek ini sengaja dibangun, dimaksudkan untuk berkumpulnya komunitas foto di Bandung. Terlihat banyak fasilitas yang disediakan di tamanini untuk menunjang kegiatan berfoto, seperti spot foro dan cermin juga dilengkapi dengan bangku desain unik untuk duduk bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana taman yang asri. Karena taman ini juga sebagian besar dikunjungi oleh mereka yang tidak bermaksud berfoto-foto.

5. Taman Persib

 s.kaskus.id
s.kaskus.id

Bandung adalah salah satu kota yang tidak bisa lepas dari tim sepakbola khususnya Persib Bandung. Tim dengan julukan ‘Maung Bandung’ itu begitu disanjung para fans fanatiknya. Maka itu dibuatlah taman tematik di kawasan Jalan Supratman. Di dalamnya ada lapangan sepakbola dan museum terbuka yang bertemakan Persib Bandung.

Itulah contoh lima taman tematik terbaru di Kota Bandung. Semoga kedepannya akan semakin banyak lahan-lahan tidak terawat di Bandung agar bisa dijadikan taman yang asri dan sejuk.

Rencananya pada tahapan berikutnya, akan membuat beberapa taman baru, antara lain: Taman Zikir, Taman Lampion, Taman Anjing, Taman Superhero, Taman Buku, Taman Dinosaurus. Berbagai taman dengan berlainan tema ini dapat dikunjungi oleh semua lapisan masyarakat tak terkecuali untuk semua usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *