anekatempatwisata.com

Asyiknya Berwisata Ke Gedung Sate Bandung

Mungkin dari kamu ada yang tahu, kira-kira wisata apa saja ya yang  ada di sekitaran Gedung Sate Bandung? Tidak dipungkiri lagi, Bandung adalah kota yang memiliki banyak tempat wisata, enatah itu dari Bandung Tumur, Bandung Barat, Hingga Bandung Selatan yang terkenal dengan Kawah Putih Ciwidey termasuk Situ Patenggang yang tidak jauh dari kawah tersebut.

Nah, bicara soal tempat wisata, sebenarnya Gedung Sate pun kerap kali dijadikan tujuan wisata khususnya bagi mereka para pelancong yang berasal dari luar kota. Ditambah, area sekitar Gedung Sate selalu ramai di waktu-waktu tertentu seperti pada malam Minggu atau Minggu pagi.

Gedung Sate

anekawisatanusantara.blogspot.com
anekawisatanusantara.blogspot.com
 Pada masa penjajahan Belanda, Gedung Sate lebih dikenal dengan sebutan Gouvernements Bedrijven, dari masanya itu hingga saat ini Gadung Sate ini diakusisi oleh pemerintahan Pemprov Jawa Barat.

Nah, kenapa disebut Gedung Sate? Karena bisa kita lihat pada puncak bangunan gedung tersebut terdapat ornamen yang sangat mirip sekali dengan tusuk sate. Gedung bersejarah ini terletak di Jl.Diponegoro no.22 dan bisa diakses dengan cukup mudah, karena lokasinya berada tepat di pusat Kota Bandung.

Gedung Sate berdiri pada tahun 1920, yang di pelopori oleh tim perencanaan bangunan, terdiri dari Ir. Eh. De Roo, Ir.J.Gerber, Gemeente van Bandoeng dan Ir. G. Hendriks yang dipimpin langsung oleh Kol. Pur. VL. Slors. Hingga kini Gedung Sate yang jadi kebanggaan warga Jawa Barat ini disebut-sebut sebagai bangunan dengan arsitektur paling indah di Indonesia, karena bangunan ini memadukan budaya barat dan timur.

Jalan-Jalan di Dekat Gedung Sate

Selain Gedung Sate, ternyata ada beberapa wisata alternatif yang di sekitaran Gedung Sate Bandung. Berikut contohnya:

  • Museum Geologi

Tidak jauh dari Gedung Sate hanya sekitar 2 menit dari arah bagian timur ada sebuah Museum Geologi Bandung yang mejadi wisata alternatif  pelajar sebagai tempat rekreasi. Bangunan yang masih kental dengan arsitektur kolonial Belanda ini menyuguhkan wisata edukasi yang cocok dikunjungi untuk keluarga maupun anak muda (pelajar).

Banyak sekali informasi yang bisa kita temukan disini, mulai dari edukasi tentang tata surya hingga pada pembentuk ideologi Indonesia. Di museum ini pun kita dapa melihat fosil-fosil hewan maupun manusia pada zaman purbakala, termasuk jenis-jenis batu yang ada dalam bumi, replika anjungan lepas pantai juga pertambangan. Selain itu bisa melihat sejarah pembentukan Danau Bandung, dan masih banyak yang lainnya lagi.

  • Pasar Minggu Gasibu

Bagi kamu orang bandung tentunya tahu, pada saat minggu pagi biasanya di sekitar gedung sate ini kita akan menemukan pasar ribut (kaget), tepatnya di Lapangan Gasibu yang berada di depan Gedung Sate. Pasar ini hanya buka dari pukul 06.00 pagi hingga menjelang siang 09.00-10-00 memang selalu ramai.

Karena hari minggu adalah waktu libur sekaligus bersantainya para pegawai makanya banyak pengunjung yang datang setiap paginya untuk berolahraga, bersantai, berjalan-jalan sekaligus berbelanja dari para pedagang di pasar kaget tersebut.

Barang-barang yang dijual di pasar pun Gasibu ini bermacam-macam, mulai dari alat elektronik, pakaian, tas, hingga sepatu. Dan hebatnya selain sebagai tempat jual beli barang, mejeng, jalan-jalan dan lain sebagainya, kita juga akan menemukan banyak macam kuliner, terutama makanan khas Bandung seperti siomar, batagor, mie kocok, dan lain sebagainya. Soal harga, kamu tidak perlu khawatir, karena harga barang atau makanan di sini relatif murah dan terjangkau.

Namun setelah Kang Emil menjabat sebagai Walikota Bandung pasar kaget ini berpindah tempat, yang saati ini letaknya berada di sekitar monumen pahlawan depan kampus UNDAP Depati Ukur. Penyebabnya sepele, mengurangi tingkat kemacetan yang selalu terjadi setiap minggu paginya.

Itulah beberapa lokasi wisata di sekitaran Gedung Sate Bandung, Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berlibur ke Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *