Bandung dan Tokoh-Tokoh di Indonesia (1)

Bandung nggak cuma terkenal dengan wisatanya Sob. Ternyata, dibalik menariknya Bandung, Bandung punya kisah-kisah menarik dengan beberapa tokoh di Indonesia.  Mau tahu? Langsung cekiprut Sob.

  • WR Soepratman

Wage Rudolf Soepratman, kamu pasti tahu tokoh satu ini kan Sob. Beliau ini punya kisah dengan Kota Bandung Sob. Sejarah perjuanagn beliau sempat berkaitan dengan Kota Kembang ini. Beliau menyelesaikan Sekolah Dasar di Jakarta dan meneruskan pendidikan ke Normal School Makassar hingga tamat.

Setelah itu, pindah ke Bandung setelah sebelumnya sempat bekerja sebagai guru sekolah dasar di Makassar. Di Bandung beliau bekerja sebagai wartawan dan sejak itu ikut aktif dalam pergerakan nasional.

Kebenciannya terhadap Belanda pernah ia tuangkan dalam sebuah bukunya yang berjudul Perawan Desa. Namun buku tersebut dilarang beredar serta disita Belanda. Pada tahun 1924. Di kota Bandung W.R Soepratman berhasil menciptakan Lagu Indonesia Raya, setelah terinspirasi oleh sebuah Tulisan di Harian Timbul yang dibacanya saat di Jakarta.

  • Ahmad Albar

Kamu yang hobi nge-rok (bukan pakai rok lho ya) pasti tahu nama satu ini. Penyanyi rok Indonesia ini sewaktu kecil pernah tinggal di Bandung bersama orangtuanya. Ia tinggal di Bandung saat usia 4 tahun sampai 9 tahunan.

Iyek (panggilan akrabnya) mengaku sempat pindah-pindah rumah saat berada di Bandung mulai dari Jalan Anggrek, Cihampelas, dan Cimahi. Namun, setelah itu dia pindah ke negeri kincir angin Belanda.

  • Benyamin S

Dulu waktu kelas 5-6, Benyamin S pindah ke SD Santo Yusuf Bandung. Tapi, waktu SMP ia ke Jakarta lagi, masuk Taman Madya Cikini. Dulu di Gang Teksil-Cicadas ada calo karcis bioskop Cahaya, menciptakan lagu “Lalajo ka Cahaya, Mayarna Sarupia”. Belakangan calo karcis bioskop itu menjelma menjadi Benyamin S, tokoh penyanyi lagu-lagu Betawi. Benyamin S sendiri adalah penggemar Mang Koko, seniman Sunda yang banyak menghasilkan tembang Sunda legendaris. salah satu ciptaan Mang Koko yang dinyanyikan Benyamin S adalah lagu “Badminton”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *