Berkenalan dengan Kota Bandung (1)

Kamu sering jalan-jalan ke Bandung? Tahu nggak sejarah atau apapun tentang Bandung? Nggat tahu? Hyaaa…penonton kecewa. Nah, buat kamu yang hobinya jalan-jalan ke Bandung tapi nggak atahu apapun tentang Bandung, yuk belajar Sejarah dan geografinya Kota Bandung.

  • Daerah yang sekarang dikenal dengan nama Bandung semula adalah ibukota Kerajaan Pajajaran (tahun 1488). Dari penemuan arkeologi kuno, kota tersebut adalah rumah bagi Australopithecus, Manusia Jawa. Mereka tinggal di pinggiran sungai Cikapundung sebelah Utara Bandung, dan di pesisir Danau Bandung. Gambar dan fragmen dari sisa tengkorak dan artifak Batu Api, dapat dilihat di Museum Geologi Jl. Diponegoro 57. Bandung.
  • ¬†Bandung kota dan sekitarnya, pada masa lampau merupakan danau yang dikenal dengan Danau Bandung. Keadaan yang sekarang terlihat merupakan pedataran yang biasa disebut dengan istilah Cekungan Bandung (Bandung Basin). Daerah sekitar cekungan tersebut diperkirakan dahulu merupakan tepian danau sehingga banyak diperoleh sisa-sisa aktivitas manusia masa lampau.
  • Van Bemmelen, 1935, meneliti sejarah geologi Bandung. Pengamatan dilakukan terhadap singkapan batuan dan bentuk morfologi dari gunung api-gunung api di sekitar Bandung. Penelitian yang dilakukan berhasil mengetahui bahwa danau Bandung terbentuk karena pembendungan Sungai Citarum purba. Pembendungan ini disebabkan oleh pengaliran debu gunung api masal dari letusan dasyat Gunung Tangkuban Parahu yang didahului oleh runtuhnya Gunung Sunda Purba di sebelah baratlaut Bandung dan pembentukan kaldera di mana di dalamnya Gunung Tangkuban Parahu tumbuh.
  • Sekitar Situ Lembang (salah satu kerucut sampingan sekarang disebut Gunung Sunda) dan Gunung Burangrang diyakini sebagai salah satu kerucut sampingan dari Gunung Sunda Purba ini. Sisa lain dari lereng Gunung Sunda Purba ini terdapat di sebelah utara Bandung, khususnya sebelah timur Sungai Cikapundung sampai Gunung Manglayang, yang oleh van Bemmelen (1935, 1949) disebut sebagai Blok Pulasari.

Pada lereng ini terutama ditemukan situs-situs artefak ini, yang diteliti lebih lanjut oleh Rothpletz pada zaman Jepang dan pendudukan Belanda di Masa Perang Kemerdekaaan. Sisa lain dari Gunung Sunda Purba ini adalah Bukit Putri di sebelah timur laut Lembang.

  • Pada saat pembangunan jalan Jalur Pos, Bupati Wiranatakusumah II memilih sebuah tempat di bagian selatan jalan dari sisi sungai sebelah barat Cikapundung, dekat sepasang sumur keramat, Sumur Bandung. Menurut kepercayaan yang berkembang di masyarakat, sumur ini dilindungi oleh dewi Nyi Kentring Manik.

Di daerah ini dia membangun dalemnya (istananya) dan alun-alun (pusat kota). Mengikuti orientasi tradisional, Mesjid Agung di tempatkan di sisi selatan, dan pasar tradisional di sisi timur. Rumahnya dan Pendopo (tempat pertemuan) terletak di bagian selatan menghadap gunung keramat Tangkuban Perahu. Saat itulah Kota Kembang lahir.

  • Pada tahun 1880 rel kereta api menghubungkan Jakarta dan Bandung telah selesai, dan menjanjikan perjalanan selama 2,5 jam dari keramaian ibukota Jakarta ke Bandung.
  • Kota Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi ibukota Provinsi Jawa Barat.
  • Bandung merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Sedangkan wilayah Bandung Raya merupakan metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabotabek.
  • Di Bandung berdiri sebuah perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia (Technische Hoogeschool, sekarang ITB)
  • Bandung dikenal menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika pada 1955. Perdana Menteri India waktu itu, Jawaharlal Nehru dalam pidatonya mengatakan bahwa Bandung adalah ibu kotanya Asia-Afrika.
  • Pada tahun 1990 kota Bandung menjadi salah satu kota teraman di dunia berdasarkan survei majalah Time.
  • “Kota Kembang” merupakan sebutan lain untuk kota ini, dan dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java.

Masih mau tahu lagi tentang bandung? Tunggu episode selanjutnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *