Bumi Perkemahan Ranca Upas – Ciwidey.

Kalau dilihat-lihat, dicium-cium, dihirup-hirup, udara di pegunungan Bandung emang sejuk banget. Bikin paru-paru langsung plong seketika. Ya meskipun dinginnya juga bikin menggigil seketika. Tapi kan asyik. Nah, kalau ada tempat kayak gini enaknya diapain Sob? Yap betul dijadiin tempat camping alias kemah.

Nah, di Bandung ada tempat yang kalau dilihat, ditrawang dan diraba #eh udaranya sejuk banget. Namanya Bumi Perkemahan (Buper) Ranca Upas. Widih, namanya aja sangar gila ya Sob. Tapi apa iya tempatnya sesangar namanya? Yuk mari cek ke TKP.

KEUNIKAN

Eh, Sob, kapan terakhir kamu ikut camping? Apa umur 5 tahun? Itu mah kamu camping sendiri di depan rumah. nggak pakai masak, lha tinggal buka kulkas. Maksudnya camping beneran. Pasti pas sekolah aja. Pas jaman masih pramuka. Terus sekarang nggak pernah camping lagi? Pasti karena merasa nggak pelajar lagi. weits..jangan salah Sob, buper Ranca Upas ini nggak Cuma untuk anak-anak atau pelajar, tapi juga untuk dewasa Sob. Intinya, semua orang boleh senang-senang dan camping disini.

Ada banyak area perkemahan disini salah satunya yaitu di Leuweung Tengah. Area satu ini berada di tengah-tengah hutan lindung. Tapi meskipun ada banyak are, kamu jangan khawatir nyasar Sob. Ada papan petunjuknya kok.

Bumi perkemahan Ranca Upas memiliki luas mencapai 215 hektar dan kawasan perbukitannya mencapai ketinggian 1.700 dpl. Kalau kamu berkunjung ke kawasan ini hawa sejuk dan segar langsung menyambutmu, soalnya suhu disini bisa mencapai 18 hingga 23 derajat celcius.

Kawasan bumi perkemahan juga semakin disemarakkan dengan adanya berbagai jenis flora dan fauna. Pepohonan seperti Puspa, Jamuju, Huru, Kitambang, Kihujan, Hamirung, Kurai dan Pasang tumbuh rimbun di kawasan hutan Buper ini. Fauna seperti burung tekukur, gagak, elang, surili, monyet, dan macan juga dapat bisa kamu lihat ditempat ini.  Jadi jangan suka iseng-iseng malem-malem ya, digigit macan baru tahu rasa. Wkeke.

LOKASI

Lokasi Bumi Perkemahan Ranca Upas yaitu sekitar 500 meter dari jalan utama Ciwidey.

AKSES

Dari Bandung : Naik Angkot / Bus  Bandung – Ciwidey dari terminal lewi panjang
selanjutnya Naik Angkot Arah Ranca Upas.

HARGA TIKET

Tiket masuk kawasan wisata ini cuma 5000,- per orang pada hari-hari biasa. Kalau pas akhir pekan, 10000 rupiah per orang.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Fasilitas tambahan yang bisa kamu nikmati disini adalah, penangkaran rusa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *