Danau Kawah Putih

Siapa yang nggak tahu Danah Kawah Putih. Kalau di Jogja mungkin sejenis Parang Tritis kali ya. Sama-sama terkenal.

Danau Kawah Putih berada di puncak Gunung Patuha. Oleh masyarakat setempat dinamakan juga Gunung Sepuh. Selain Kawah Putih, gunung ini juga memiliki Kawah di bagian baratnya. Kedua kawah ini terbentuk akibat letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan ke-12.

Kawah Putih berada diketinggian 2.194 mdpl. Pemandangannya mantap jaya. Keindahan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1837 oleh ahli botani Belanda peranakan Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Sebelumnya, masyarakat sekitar menganggap puncak gunung tersebut angker dan penuh misteri. Jadi nggak ada yang berani mendatanginya.

Lalu pada tahun 1983, pihak Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten menjadikan kawasan Danau Kawah Putih sebagai objek wisata yang dibuka untuk umum.

KEUNIKAN

Di Kawah Putih kamu bisa menikmati berbagai keunikan. Nggak cuma keindahan alam, tapi kamu juga bisa melihat langsung uap panas keluar dari bebatuan yang diinjak, gelegak air ditengah kawahnya, dan mencium aroma belerang yang nggak terlalu menyengat.

Disini kamu akan menjumpai aneka jenis flora langka, seperti bunga Eldelweis, tanaman Cantiqi yang harum, tanaman Lemo yang berkhasiat dapat mengusir binatang berbisa, dan Vaccinium sebagai vegetasi tanaman khas kawah.

Selain berbagai jenis flora, di kawasan ini juga terdapat berbagai jenis fauna, seperti elang, monyet, kancil, babi hutan, macan kumbang, dan macan tutul.

Disini kamu juga bisa melihat air kawahnya yang berubah-rubah warna. Kadang berwarna hijau apel dan kebiru-biruan. Kalau lagi terik, warnanya berubah menjadi coklat.

LOKASI

Danau Kawah Putih Gunung Patuha terletak di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 46 kilometer ke arah selatan dari pusat kota Bandung.

AKSES

Dari kota Bandung, kamu bisa naik angkutan umum, ada dua alternatif angkutan dari Terminal Bus Leuwipanjang Bandung, yaitu naik angkutan kota (angkot) atau naik bus Sukaraja jurusan Bandung-Ciwidey menuju pintu masuk Kawah Putih.

HARGA TIKET

Untuk wisatan lokal harga tiket masuknya 15000. Kalau untuk wisatawan asing 30000.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Di kawasan ini terdapat berbagai fasilitas penunjang, seperti toilet umum, areal parkir, sentra cinderamata dan musholla yang dikelola dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *