Gitar Genta, Gitar yang Melegenda Dari Bandung

Kamu pasti sudah sering dengar kalau Bandung termasuk salah stau kota yang banya menghasilkan musisii-musisi terkenal di Indonesia. ternyat Sob, selain menjadi kota yang mempunyai banyak musisi, Bandung juga mempunyai produk alat musik yang cukup melegenda.

Buat kamu yang hobi metik cabe, eh metik gitar maksudnya, pasti tahu merk gitar Genta. Gitar dengan merek “Genta” telah berdiri lebih dari lima puluh tahun. Pemakai gitar ini sudah tersebar dimana-mana.

Nggak cuma itu saja, para gitaris terkenal di Indonesia banyak yang menggunakan gitar Genta ini Sob. Mereka biasanya memesan terlebih dahulu sesuai keinginan dan karakter bermusik dia. Kalau kamu tertarik, kamu juga bisa pesan gitar sesuai dengan keinginanmu Sob.

KEUNIKAN

Gitar Genta diproduksi di daerah Bandung timur, tepatnya di kawasan Ujungberung KM 12,5 No. 69. Menurut cerita masyarakat sekitar, Pabrik gitar ini berdiri sejak 1959. Gitar yang diproduksi di sini adalah: ukulele, gitar akustik, gitar akustik listrik, serta gitar listrik.

Bahan yang digunakan untuk membuat gotar adalah  kayu mahoni serta rose wood. Masalah kualitas, gitar Genta nggak kalah dengan gitar impor. Harganya juga nggak mahal-mahal kok Sob. Ya standar harga gitar kebanyakan. Mulai dari 700 ribu. Produk gitar Genta tersebar di toko-toko musik dan mereka yang pesan dari Palembang, Jakarta, Surabaya, dan kota-kota lainnya hingga mancanegara.

Beberapa seniman musik yang menggunakan gitar Genta ini antara lain: Pretenders, Bawung Jabo, Virgiawan L., Mukti-Mukti, Micko, Ary Juliyant, Hari Pochang, Susilo Bambang Yudhoyono (sekarang Presiden RI), Tiwi Sakuhachi, Fery Curtis, Abah Iwan, Tim Palmieri, Steve Wilson, Nugie, Ireng Maulana, Pongki, Nugie, Anton Baret, Marta Topeng, dan seniman lainnya yang ada di dalam maupun luar negeri. Mantap banget kan Sob.

Ternyata ada kisah sejarah dibalik besranya nama Gitar Genta ini Sob. Dimulai dari seorang bernama Ki Anong Naeni (empu gitar Bandung). Ia seorang ahli mekanik dan elektronik. Dulu ia pernah bekerja di pabrik mesin milik perusahaan Belanda. Lalu, bersama sahabat-sahabatnya, ia mendirikan pabrik gitar Genta serta beberapa pabrik gitar lainnya di daerah Bandung.

Lalu, ia bertemu dengan Raden Mahyar dan membuat gitar 17 fret (dibuat 3 buah). Ketiga gitar itu satu telah dibawa ke Perancis, satu lagi dibawa ke Malaysia, dan satu lagi masih ada di keluarga Raden Mahyar di Bandung.

LOKASI

Gitar Genta diproduksi di daerah Bandung timur, tepatnya di kawasan Ujungberung KM 12,5 No. 69.

HARGA

Satu gitar disini dibandrol harga mulai dari 700 ribu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *