Gunung Tangkuban Perahu

Kalau kamu pas SD termasuk murid yang baik, pasti tahu kisah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung berapi yang terdapat di Jawa Barat. Disebut Tangkuban Perahu karena bentuknya mirip dengan perahu yang terbalik. Kata tangkuban (bahasa Sunda) berarti terbalik.

Gunung ini mempunyai ketinggian kurang lebih 2.084 mdpl. Mempunyai berbagai kawasan hutan, yaitu hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous.

Dulu, gunung ini pernah meletus. Tahun 1910, dengan kekuatan 2 Skala Richter. Letusan ini mengakibatkan terbentuknya banyak kawah. Kawah-kawah ini mengeluarkan asap belerang.

Menurut cerita masyarakat setempat, asal muasal terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu berasal dari legenda Sangkuriang. Anak seorang wanita cantik yang bernama Dayang Sumbi. Saat kecil Sangkuriang diusir oleh ibunya. Soalnya, dia membunuh seekor anjing (ayah Sangkuriang yang menjelma/berubah bentuk menjadi anjing). Lalu, mereka terpisah.

Begitu si sangkuriang ini dewasa, ketemulah dia dengan dayang sumbi. Dia lagi puber gitu Sob. Jatuh cintalah dia dan pengin menikahi dayang sumbi. Tapi, dayang sumbi menolak. Ya iyalah, masak mau nikah sama anak sendiri.

Kelanjutannya, tahu sendiri kan. Kan kamu anak baik. Hahahahha. Intinya Sob, harusnya si Sangkuriang ini jadi pemain timnas Indonesia. Pasti menang. Jangankan bikin gol, bikin perahu jadi gunung aja dia sanggup. Wkekeke.

KEUNIKAN

Berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu, kamu bisa menikmati sepuluh kawah yang letaknya berdekatan. Ada kawah ratu, Kawah Upas, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Domas, Kawah Jarian, dan Pangguyangan Badak. Kesepuluh kawah ini masih mengeluarkan asap belerang. Menguap keluar dari sela-sela bebatuan yang berada di bagian bawah kawah itu.

Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas, adalah tiga dari sepuluh kawa yang paling sering dikunjungi wisatawan Sob. Jadi pastikan kamu nggak melewatkan tiga kawah ini.

Kawah Ratu bentuknya seperti mangkuk raksasa yang besar dan dalam. Kalau lagi cerah, kamu bisa melihat dinding dan dasar cekungan kawah dengan jelas. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar di gunung ini. Letaknya bersebelahan dengan Kawah Upas. Jaraknya kurang lebih sekitar 1.500 meter.

Kawah Upas cukup dangkal dan datar pada bagian bawahnya.Banyak ditumbuhi pepohonan liar di salah satu sisi dasar kawah itu. Sedangkan Kawah Domas bentuknya berupa cekungan yang mengeluarkan sumber air panas.

Di kawah domas, kamu boleh membasuk kaki, tanagn dll Sob. Tapi jangan mandi ya. banyak dilihat orang. Hehehe. Karena saking panasnya, banyak juga lho Sob yang iseng bikin telur rebus. Dan berhasil. Mau coba?

LOKASI

Obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu terletak di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa Barat, Indonesia.

AKSES

Gunung Tangkuban Perahu terletak 30 km ke arah utara dari Kota Bandung. Untuk menuju lokasi obyek wisata ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi (mobil) maupun kendaraan umum (bus).

Kalau kamu menggunakan kendaaran umum (bus) dari Kota Bandung, perjalanan dari Bandung sampai ke lokasi membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit.

HARGA TIKET

Masuk obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu, kamu cukup merogoh kocek 8000 per orang.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Di sekitar area bibir Kawah Ratu dan Kawah Upas banyak terdapat warung dan kios-kios yang menjajakan aneka macam makanan, minuman, dan masakan khas Lembang yaitu ketan bakar. Jadi jangan khawatir Sob. Kamu nggak akan kelaperan disini. Aman terekendali deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *