Wisata Alun-alun Bandung

Ngintip Keunikan Wisata Alun-alun Bandung Yuk!

Sebenarnya Alun-alun Bandung itu bukan alun-alun yang dicirikan oleh banyak orang, Melainkan Plaza Masjid Bandung. Karena sebidang tanah tersebut telah diakuisisi alias sudah menjadi milik Masjid Raya Bandung, tetapi banyak orang Bandung yang masih menyebutnya sebagai alun-alun. But it’s no prob. :)

Maka setelah Kang Emil yang  saat ini menjabat sebagai wali kota Bandung, Alun-alun kota Bandung mulai direnovasi beberapa kali hingga terakhir dilakukan pada 2014 dengan biaya yang kabarnya mencapai 10 miliar rupiah dan seluruhnya biaya tersebut merupakan donasi. Wow kerenkan Bandung hehe.

Alun Alun Bandung  saat ini sedang trend khususnya bagi kalangan warga dan masyarakat Bandung itu sendiri. Dikarenakan adanya taman baru yang menjadi daya tarik destinasi wisata sejak diresmikannya pada akhir Desember 2014 oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Selain menjadi daya tarik tersendiri, Alun-alun ini memberikan raung terbuka sebagai taman yang bersih lagi hijau untuk warga kota Bandung. Di bawah ini keunikan-keunikan yang ada di sekitar Alun-alun Kota Bandung

Jalan Asia Afrika

ganzzssparrow.wordpress.com
ganzzssparrow.wordpress.com

Alun-alun tidak hanya memiliki, taman sintetis hijau tapi juga memiliki beberapa tempat bersejarah salah satunya adalah gedung sekaligus jalan Asia Afrika yang merupakan situs bangunan bersejarah. Gedung ini pernah menjadi saksi bisu sebagai tempat penginapan para tamu dan wartawan asing yang dalam sejarahnya saat itu mereka sedang mengukuti Koferensi Asia Afrika tahun 1955 dan di ikuti oleh beberapa negara tentangga lainnya.

Mesid Agung Raya Bandung

youtube.com
youtube.com

Alun-alun kota khususnya Bandung, pasti identik sama yang namanya Masjid Agung Raya Bandung, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan “mesjid alun-alun Bandung”. Yaitu tempat yang menjadi pusat kota Bandung dimana masjid ini memiliki dua menara kembar yang setiap kali weekend pengjung atau warga bisa menaiki menara tersebut.

Tarif yang dikenaikan pun cukup muruh, yaitu sekitar Rp. 3000.00,- Rupiah, dengan durasi setiap kali berada diatas, pengunjung hanya dikasih jatah waktu kurang lebih 15 menit. Walau kurang puas, tapi setidaknya bagi saiapun warga atau wisatawan yang telah berada di atas, bisa dipastikan tidak akan pernah menyesal bahkan ada yang mau sampai berlama-lama di atas. Yah begitulah Bandung bisa di lihat hanya karena kamu berada di atas menara tersebut.

Rumput Sintetis

Rumput Sintetis
asriputririzqiah.wordpress.com

Pada saat pembanguananyang berasamaan, rumput sintetis pun di buat dengan bentuk desain bergaris kotak-kotak. Hamparan rumput sintetis yang hijau ini melapisi taman Alun-alun Bandung yang luas lahannya sekitar 4.000 meter persegi. Sehingga menjadi wisata baru bagi warga Kota Bandung baik local maupun pendatang yang berada di luar kota.

Selain hanya menikmati empuknya rumput sintetis ini, warga juga bisa melakukan berbagi macam aktifitas lain termasuk jika ada kegiatan islami yang di adakan oleh berbagai himpunan atau intansi dari masyarakat. Seprti menggunakan wahana baru yaitu taman bermain untuk anak hingga paling sering di jadikan objek fotografi oleh beberapa pecinta dunia fotograpi.

Kerennya, sebelum memasuki area rumput sintetis tersebut, warga harus melepaskan alas kaki mereka, untuk alas kakinya bisa disimpan di pinggir atau dititipkan di tempat penitipan barang yang ada di sekitar lokasi.

Tidak hanya itu, untuk meyakinkan pada para warga, alun-alun ini memiliki identitas yang bersimbol untuk menegaskan bagi para wisatawan yang datang dengan tulisan alfabet “Alun-alun Bandung” dan berukuran besar berwarna merah. Sehingga menjadi pemanis di sekitar taman sekaligus berdampingan dengan halte tepat bagi warga yang sedang menunggu bus kota disekitar kawasan tersebut.

Parkir Kendaraan Luas

Bagi para wisatawan atau warga yang mau bermain-main ke Alaun-alun Bandung tidak perlu khawatir untuk memarkirkan kendaraannya masing-masing, karena sejumlah area parkir telah disediakan di sana seperti yang berada di basement Masjid Raya Provinsi Jawa Barat atau tepat di bawah taman sintesis.

Hotel Swarha

Nah, selain itu disebelah selatan taman Alun Alun Kota bandung, kita bisa menemukan sebuah Pendopo yang letaknya tidak jauh dengan Gedung Palugan. Tetapi kalo bangunan yang ada di sebelah barat ada Masjid Agung. Dan ada sebuah gedung yang letaknya berada di sekitaran Alun Alun Kota dan biasanya gedung ini sering terlupakan, bahkan jarang sekali dikeathui oleh masyarakat Bandung khususnya generasi muda saat ini termasuk para wisatawan domestik maupun mancanegara. Bangunan itu adalah Hotel Swarha yang letaknya tepat berada di belakang Masjid Agung.

Lokasi Strategis

Berwisata di Alun Alun Bandung bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum. Karena letak lokasinya cukup strategis ini, menjadikan Taman Alun Alun menjadi mudah ditempuh dengan menggunakan kendaraan, baik yang beroda dua atau pun yang beroda empat. Selamat berwisata di Kota Bandung.

Tetapi jika masih sulit bagi kamu yang belum pernah apalagi jauh di luar kota, jika ingin berkunjung ke kota Bandung, kamu bisa menggunakan peta lokasi Bandung Jawa Barat yang kamu searching di Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *