Penjara Sukamiskin dan Bandung (I)

Suka kok suka miskin ya Sob. Apa enaknya? Hehehhe, jangan sembarangan Sob. Penjara ini punya cerita sejarah dengan Indonesia Sob. Dulu Presiden pertama RI pernah di penjara disana. Presiden kok dipenjara? Nah itu bedanya presiden yang oke sama yang nggak Sob. Eh, sensitif ya. hehehhe

Sukamiskin, 17 Mei 1931

Saudaraku!
Baru sekarang saya menulis dari Sukamiskin, karena orang tangkapan hanya boleh berkirim surat sekali dalam dua minggu. Sesudah masuk ke dalam rumah kurungan, hampir semua yang saya bawa dari rumah tahanan di Bandung, diambil. Setiap hari saya mesti bekerja keras. Malam hari, badan sudah letih sehingga belajar pun tak ada hasilnya.

Itu adalah potongan dari surat Presiden Pertama RI, Soekarno. Surat ini ditulis dari dalam penjara Sukamiskin. Mantapnya lagi, di penjara Sukamiskin (sebuah kawasan di Bandung Timur) lahir pula buku fenomenal karya Soekarno: Di Bawah Bendera Revolusi.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin menyimpan catatan perjalanan sejarah panjang. Bangunan penjara ini dibangun pada tahun 1817 oleh Pemerintahan Belanda. Di penjara seluas lebih dari 2 hektare ini pula, mantan Presiden Pertama RI, Soekarno, pernah menjalani hukuman di salah satu sel dari 552 sel penjara Sukamiskin pada bulan Desember 1930.

Penjara dua lantai ini, menjadi penjara bersejarah di Bandung, selain penjara Banceuy. Penjara banceeuy ┬ájuga pernah menjadi tempat tahanan politik semasa pendudukan pemerintahan Belanda. Kini, bekas sel penjara yang ditempati Proklamator itu diberi tulisan “Bekas Kamar Bung Karno”.

Sejak dikelola oleh pemerintah Indonesia, secara fisik bentuk bangunan LP ini nggak banyak mengalami perubahan. Ada perubahan sedikit cuma tambahan untuk kantor sipir dan kepala lembaga pemasyarakatan serta patung seorang ibu yang sedang menggendong anaknya, di halaman depan gedung.

Pada tahun 2010, Lapas Sukamiskin diresmikan sebagai aset bersejarah Kota Bandung, sebagai bangunan cagar budaya. Penjara ini diharapkan menjadi salah satu tujuan wisata sejarah buat para pengunjung Bandung Sob.

So, kalau ke Bandung jangan lupa mampir ke penjara Sukamiskin ya Sob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *