Peuyeum

Siapa yang nggak tahu peuyeum. Hampir setiap orang yang berkunjung ke Jawa Barat pasti tahu makanan manis olahan dari singkong ini. warnanya putih dan biasanya banyak digantung di emperan toko. Kurang pas rasanya kalau jalan-jalan ke Bandung tapi belum mencicipi makanan satu ini.

KEUNIKAN

Peuyeum biasanya dijual dengan digantung di langit-langit depan warung. Seoanjang jalan di Bandung biasanya kamu akan dengan mudah menemukan penjual peuyeum Sob. Warungnya khas banget, dari kejauhan pasti kelihatan singkong putih-putih digantung. Dulu malahan ada penjual peuyeum keliling, tapi sekarang sudah nggak ada lagi.

Sejarahnya, orang-orang Bandung jaman dulu memanfaatkan tanaman singkong yang banyak tumbuh di daerah Bandung untuk diolah menjadi peuyeum. Mereka yakin kalau peuyeum berkhasiat menghangatkan tubuh. Anak-anak MIPA pasti tahu kenapa peuyeum menghangatkan tubuh. Yap, karena proses fermentasi.

Kata “peuyeum”  berasal dari bahasa Sunda. Urang Sunda sering menyebut peuyeum dengan sebutan peuyeum sampeu atau tape singkong. Cara pembuatan peuyeum juga gampang Sob. Singkong yang sudah dibersihkan dikukus sampai matang. Lalau diidinginkan. Begitu sudah dingin taburi dengan ragi dan disimpan di wadah yang tertutup. Waktu fermentasinya sekitar 2 sampai 3 hari.

Peuyeum dan Bandung emang nggak terpisahkan. Kalau jalan-jalan ke Bandung rasanya belum lengkap kalau belum mencicicpi atau pulang membawa peuyeum. Padahal, sebenarnya makana ini nggak cuma ada di Bandung Sob. Tapi ada di hampir semua wilayah di sekitar Jawa Barat.

LOKASI

Kamu membeli peuyeum khas bandung di pusat oleh-oleh yang berada di sekitar terminal Leuwipanjang atau Cileunyi.

HARGA

Harganya terjangkau Sob. Mulai dari 5000 rupiah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *