Sejuknya Batu Kuda, Bandung

Selain Jogja, kota yang menjadi punya pemandangan alam yang oke punya adalah Bandung. Urang Bandung pasti setuju. Iya nggak Sob? Selain alamnya yang bagus pakai banget, udara di daerah Bandung juga masih seger. Pas banget buat refreshing.

Salah satu daerah di Bandung yang terkenal dengan wisata alamnya adalah daerah Lembang di Bandung Utara atau Ciwidey dan Pangalengan di Bandung Selatan. Tapi, buat kamu yang baru pertama kali ke Bandung, ada stau tempat yang recommended buat kamu kunjungi di Bandung. Kawasan satu in sudah dikenal luas oleh masyarakat Bandung. Namanya, wisata Batu Kuda.

KEUNIKAN

Batu kuda terletak di kawasan Bandung Timur. Nama Batu Kuda identik dengan salah satu keajaiban alam yang ada disini Sob. Yaitu batu yang bentuknya mirip kuda. Batu tersebut persis berada di lereng Gunung Manglayang.

Satu yang pasti bikin kamu betas disini adalah, kawasan wisata Batu Kuda dikelilingi oleh hutan pinus. Makanya udaranya sejuk banget. Selain menikmati udara yang segar, disini kamu juga bisa menikmati kawasan cekungan Bandung dari sini.

Satu barang yang nggak boleh kamu tinggalkan kalau berkunjung ke tempat ini adalah kamera. Soalnya pemandangannya ajib banget Sob. Luas wilayah ini sekitar 20 hektare, meliputi KPLH Bandung Utara, BKPH Manglayang Barat, RPH Ujung Berung, Kabupaten Bandung, Kecamatan Ujung Berung, Desa Cibiru Wetan.

Kawasan wisata ini berada di ketinggian antara 1.150 – 1.300 m dpl. Morfologi wilayah ini pada umumnya bergelombang, kawasan ini mempunyai curah hujan 2.000 mm/th dengan suhu udara antara 19 – 27 C.

Wisata Batu Kuda merupakan wilayah resapan (catchment area) dan sumber air bagi sebagian penduduk di wilayah Desa Cikoneng, Cinunuk, Cimekar, dan Cileunyi Kulon. Kalau kamu termasuk pecinta alam, kamu bisa melanjutkan perjalanan mendaki Gunung Manglayang. Treknya juga oke punya buat naik sepeda gunung Sob.

Batu Kuda, erat hubungannya dengan mitos penduduk setempat. Batu kuda ini berbentuk seekor kuda yang sedang duduk. Batu ini dianggap jelmaan kuda sembrani yang digunakan Eyang Layang Kusumah dan istrinya (penguasa gaib Gunung Manglayang).

Batu-batuan dan tempat wisata lainnya yang ada di seputaran sini oleh penduduk setempat mempunyai nama masing-masing: Batu Tumpeng, Batu Leuit, Batu Semar, Batu Keraton, Batu Ampar, Batu Korsi dan Batu Lamunan, Batu pasir Jirak, Pasir Kitumbak, curug kecapi, curug Cilengkrang dan curug pamujaan. Di batu-batuan dan tempat itu sering digunakan sebagai tempat pemujaan dan sesaji.

LOKASI

Wisata Batu Kuda mudah dikunjungi dari berbagai arah. Kamu bisa masuk melalui jalur Kecamatan Ujung Berung (9 km), Cicadas (13 km), Cibiru (masuk dari dekat Bundaran Cibiru/Jalan Manisi), atau dari Cileunyi (ujung Jalan Percobaan bagian timur/Cikalang) dan Jalan Pesantren Al-Jawami Cileunyi Wetan, atau dari daerah Kiara Payung (Kampus Unpad Jatinangor).

HARGA TIKET

Cukup dengan 3000 perak Sob, kamu bisa menikmati kesejukan alam disini.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Fasilitas penunjang disini cukup oke Sob. Kalau kamu perlu guide, penduduk atau petugas jagawana siap menjadi guide. Disini juga banyak terdapat warung serta fasilitas MCK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *