Sentra Jeans Cihampelas

Jalan-jalan ke Bandung, nggak lengkap kalau belum mampir ke tempat ini Sob. Namanya Sentra Jeans Cihampelas. Cihampelas adalah nama sebuah jalan di Kota Bandung. Nah, kebetulan terkenal sebagai sentra produksi jeans.

Terkadang kawasan ini disebut juga “Jeans Street”. Soalnya disepanjang jalan ini berderet puluhan toko dengan arsitektur unik sebagai ruang pamer penjualan berbagai produk pakaian, terutama celana yang berbahan dasar jeans.

Produk jeans yang ditawarkan di kawasan ini cukup beragam Sob. Berkualitas tinggi, dan harganya pun terjangkau. SUdah banyak yang membuktikan lho.

Dulu, poduk jeans di kawasan ini dibuat sendiri oleh para pedagang. Sampai-sampai ada pedagang yang sudah berani membuat merk sendiri dengan kualitas bersaing. Tapi saat ini nggak cuma produk Cihampelas yang ditawarkan. Tapi juga produk-produk jeans impor dari berbagai negara. Jadi kalau mau beli jeans disini, kamu musti jeli dan teliti Sob.

Sentra jeans disini ada sejarahnya Sob. Pada era kolonial Hindia Belanda, kawasan Cihampelas merupakan permukiman orang Eropa. Banyak gedung-gedung bergaya romantik Belanda berdiri di kawasan ini. begitu para penjajah ini kabur dari Indonesia, rumah tinggal di kawasan ini satu per satu berpindah tangan ke orang asli daerah tersebut.

Sekitar tahun 1987, seorang pengusaha mencoba untuk mendirikan sebuah toko jeans. Usaha ini ternyata prospeknya bagus. Lalu ia mengajak teman-temannya untuk mendirikan usaha serupa disini.

Pada era 1990-an, kawasan ini pun semakin terkenal sebagai sentra jeans di Kota Bandung. Kalau hari libur, banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke tempat ini. Nggak cuma dari masyarakat Indonesia, tapi juga dari mancanegara.

KEUNIKAN

Salah satu hal yang unik di kawasan ini adalah hampir setiap toko atau outlet memakai nama tokoh-tokoh super hero dalam dunia kartun atau komik. Misalnya Superman, Rambo, Ultraman, Spiderman, Hulk, Aladin, dan lain-lain.

Uniknya lagi, tokoh-tokoh super hero tersebut didesain menjadi relief yang berukuran raksasa. Selain itu, ada juga outlet yang desain ekstoriernya dilengkapi dengan relief sapu lidi, korek api, maupun kupu-kupu. Ada juga pedagang yang menaruh mobil tua di atas tokonya. Desainya seolah-olah menabrak bagian atas depan toko.

Asyiknya lagi, kalau jeans yang baru saja kamu beli ternyata kepanjangan atau kegedean, bisa langsung di permak. Disekitar outlet-outlet tersebut banyak tersedia jasa pemotongan atau permak jeans. Biayanya juga murah.

LOKASI

Kawasan Cihampelas berada di jantung Kota Bandung, tepatnya berada di Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

AKSES

Di Kota Bandung terdapat berbagai jenis angkutan umum seperti taksi, mikrolet, maupun bus yang bisa nganterin kamu ke Cihampales. Kalau kamu berangkat dari terminal Ledeng, kamu bisa menggunakan angkot mikrolet berwarna hijau-biru muda dengan kode trayek 4.

HARGA TIKET

Gratis Sob. Paling pol cuma  bayar parkir.

FASILITAS DAN AKOMODASI LAINNYA

Di kawasan Cihampelas ada berbagai fasilitas umum seperti ATM, toilet umum, tempat parkir, mall, serta toko-toko suvenir dan makanan khas Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *