Sentra Kerajinan Rajut Binong Jati

Bandung emang termasuk salah satu pusat fasion di indonesia. nggak heran kalau banayk ditemukan pusat-pusat fasion di Bandung. Mulai dari jeans, baju, sepatu, topi, dan lain sebagainya.

Seperti halnya sentra sepatu Cibaduyut, Cihampelas dengan jeansnya, sentra rajut Binong Jati pun disebut-sebut sebagai salah satu kawasan wisata Bandung. Baju rajutan murah menjadi andalan untuk menarik perhatian para wisatawan Sob.  Nggak kalah menarik dibandingkan dengan sentra fasion yang lain deh.

KEUNIKAN

Tempat ini berada di pemukiman penduduk. Rata-rata para pengusahanya berasal dari penduduk setempat. Masuk ke lokasi ini kmau akan disambut dengan sebuah gapura besar bertuliskan Sentra Rajutan Binong Jati.

Sekitar 400 unit usaha berada di tempat ini. Mulai dari usaha utama yaitu rajutan sampai usaha penunjang seperti penjual benang rajut atau toko-toko pakaian rajut. Nggak cuma perusahan berskala besar yang mempekerjakan banyak karyawan Sob. Nggak sedikit penduduk yang menghuni rumah di gang-gang kecil yang turut menggantungkan hidupnya dari usaha ini. Sentra rajut ini mampu menyerap 8 ribu tenaga kerja. Karyawan disni nggak cuma berasal dari dalam Bandung tetapi juga dari Sumedang, Tasikmalaya dan Garut.

Beberapa orang penduduk Binong Jati mengawali sentra rajut ini di tahun 1965. Mereka dititipkan mesin rajut oleh pengusaha Tionghoa yang makloon produk-produk rajut pada mereka. Sekitar tahun 67-an, sentra rajut ini mulai ramai. Pesanan dari berbagai daerah di luar Bandung berdatangan. Hingga akhirnya banyak penduduk yang turut beralih profesi menjadi pengusaha rajut.

Kira-kira empat ribu lusin produk bisa dihasilkan setiap harinya ditempat ini. Mulai blus, jaket, sweater, cardigan, sampai kerudung.  Dengan kuantitas produksi yang sedemikian banyak, omzet yang bisa dihasilkan pun bisa mencapai 700 juta – 1 miliar per harinya. Waow…mantap banget.

Di sini, pada umumnya pembelian dilayani secara grosir. Minimal satu lusin. Tapi kamu nggak perlu khawatir, beberapa pengusaha ada yang membuka toko sendiri untuk melayani pembeli satuan.

LOKASI

Binong Jati, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

AKSES

Lokasi ini bisa diakses melalui Jl Kiaracondong dan Jl Gatot Subroto.

HARGA

Harganya bersaing kok Sob. Kamu mau cari yang puluhan ribu sampai yang rutusan ribu juga ada disini,

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Selain bisa membeli rajutan dalam hitungan grosir, disini kamu juga bisa membeli berbagai produk rajutan dengan hitungan satuan. Jadi kamu nggak pelru khawatir harus membeli banyak seklaigus. Harganya juga bersaing kok Sob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *