Situ Cileunca

Eh..situ ngapain lihat-lihat? Ish..siapa juga yang mau ngomongin tentang situ. Situ kira situ oke? Situ jangan kePDan ya. Situ yang dimaksud disini bukan situ. Tapi situ yang itu. Situ yang asyik buat jalan-jalan. Situ kan nggak asyik buat diajak jalan. Pokoknya kali ini kita nggak ngomongin tentang situ. Nggak usah manyun gitu deh. Situ udah jelek kalau manyun tambah jelek. Tuh kan situ malah marah-marah. Udah ah, situ nggak asyik.

STOP!! Jangan main bully gitu aja deh. Kita nggak mau ganggu situ, kali ini kita mau ngomongin tentang situ. Tapi bukan situ situ. Tapi situ yang ini, nama lengkapnya Situ Cileunca.  Nah, nama situ Situ Cileunca bukan? Bukan to? Makanya jangan asal manyun gitu.

Situ Cileunca adalah nama sebuah danau wisata di Bandung. Nggak cuma danaunya yang bakal bikin situ bengong, tapi juga pemandangannya pasti bisa bikin mata situ ijo. Wkwkwk. Soalnya isinya pohon-pohon aja. Hehehhe.

KEUNIKAN

Situ Cileunca adalah nama sebuah danau di daerah Bandung Selatan. Lokasinya berada di bawah Situ Panunjang. Nasib kedua situ ini sama, nggak terlalu populer di kalangan para wisatan. Pas banget buat kamu yang penegn jalan-jalan ke tempat wisata yang masih sepi.

Situ Cileunca merupakan sebuah danau yang berada di daerah dingin Pangalengan Bandung. Danau ini bukan danau asli Sob, melainkan danau buatan. Luasnya mencapai 1400 hektare. Biasanya danau ini ramai di akhir pekan. Asyiknya Sob, disini kamu nggak cuma bisa duduk manis sambil mainan air, kamu bisa keliling danau ini menggunakan perahu dayung atau perahu motor.

Selain itu, buat kamu yang punya cita-cita jadi arung jeramers (dilarang protes dengan kata ini hehehe), kamu bisa latihan di Situ Cilenca ini. Danau buatan ini emang sering digunakan untuk latihan arung jeram atau rafting sebelum rafting di sungai Palayangan.

Pada awalnya situ ini merupakan areal hutan belantara. Sampai pada tahun 1918 kemudian kawasan ini dibuat sebuah situ yang berfungsi untuk sumber kebutuhan air warga setempat.  Situ Cileunca memiliki kedalaman sampai 17 meter. Warna airnya bening, jadinya endang alias enak dipandang.

LOKASI

Lokasinya berada di Situ Cileunca Pangalengan Bandung. Kira-kira 45 KM dari Kota Bandung dan 185 KM dari Jakarta.

AKSES

Menuju ke Situ Cileunca, kamu bisa naik bus dari Bandung jurusan Pangalengan dengan waktu tempuh 2-2,5 jam.

HARGA TIKET

Cuma dengan merogoh kocek 3000 rupiah kamu bisa menikmati keindahan danau sepuasnya. Tapi kalau kamu mau ke kebun strawberry kamu musti naik perahu. Tarifnya 5000 perak. Nggak mahal kan.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Selain bisa menikmati pemandanagn yang oke punya, disini kamu juga bisa belanja buah strawberry dan arbei sepuasnya. Asyiknya lagi, kalau kamu makan buah-buah ini ditempat, kamu nggak perlu bayar. Nah, tertarik nggak tuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *