Situ Patengan

Situ Patengan punya nama lain lho Sob. Wah, kamu nggak tahu? kudet amat. Nama lainnya Situ Patenggang. Nggak jauh beda sih, tapi kan tetep aja beda.

Kata Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda berarti danau. Sedangkan patengan/patenggang berasal dari kata Pateangan-teangan. Artinya saling mencari-cari.

Jadi, dulu ada seorang pangeran namanya Raden Indrajaya dan seorang putri bernama Dewi Rengganis. Mereka saling mencintai. Tapi karena beberapa hal, keduanya terpaksa berpisah. Lalu skaing galau dan sedihnya. Mereka nangis sampai air matanya sebanyak danau.

Akhirnya, setlah sekian lama mencari-cari, mereka berdua ketemu kembali di sebuah batu yang kini bernama Batu Cinta. Dewi Rengganis meminta sang pangeran membuatkan sebuah pulau dan sebuah perahu untuk mereka berdua mengelilingi danau. Perahu itu menurut kepercayaan masyarakat berubah menjadi sebuah pulau berbentuk hati. Namanya Pulau Asmara/Pulau Sasaka.

Dari cerita ini muncul mitos bagi pasangan kekasih yang ingin hubungan mereka langgeng, datanglah ke Situ Patengan. Lalu sama-sama berperahu mengelilingi danau sampai ke Pulau Asmara dan Batu Cinta. Hihihi, pasti yang paling getol promosi mitos ini para tukang perahunya.

KEUNIKAN

Kawasan wisata ini sangat luas. Kurang lebih mencapai sekitar 60 hektar. Disini kamu nggak pemandangan alamnya keren banget Sob. Perkebunan teh Rancabali yang menghampar luas dan rancak. Ada juga kawasan hutan pinus cagar alam Patengan yang asri dan sejuk.

Disini kamu juga bisa berkeliling danau dengan speed boat, perahu dayung warna-warni, sepeda air, dan genjot bebek yang disewakan. Buat kamu yang suka memancing, kamu bisa memancing disini.

Di sekitar Situ Patengan, juga terdapat danau-danau kecil yang nggak kalau mantap pemandangannya. Danau-danau ini biasanya dijadikan penduduk sekitarnya sebagai tempat untuk menjala ikan.

LOKASI

Kawasan Situ Patengan terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jaraknya sekitar 47 kilometer arah selatan dari pusat kota Bandung.

AKSES

Dari kota Bandung, kamu bisa naik angkutan umum. Ada dua alternatif angkutan dari Terminal Bus Leuwipanjang Bandung, yaitu naik angkutan kota (angkot) atau naik bus Sukaraja jurusan Bandung-Ciwidey sampai terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey, naik bus lagi ke kawasan Situ Patengan.

HARGA TIKET

Masuk ke Situ Patengan, kamu perlu merogoh kocek sebesar 4000 per orang.

AKOMODASI DAN FASILITAS

Di kawasan Situ Patengan terdapat berbagai fasilitas penunjang, seperti area parkir, musholla, MCK, toko souvenir, rumah makan, shelter-shelter tikar tempat duduk dan juga perahu-perahu yang disewakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *