Gua Sang Hyang Tikoro

Bandung emang keren gila. Nggak cuma berisi peyem, tapi pemandanagnnya juga ruar binasa, eh luar biasa. Kamu mau cari apa saja ada, wisata kuliner banyak, wisata alam dahsyat, pernak pernik juga berjibun. Wis pokoknya jempolan deh.

Ngobrolin dunia wisata, Bandung emang nggak ada matinya. Salah satu wisata alam di Bandung yang mulai dikembangkan selain kebun teh dan sejenisnya adalah gua. Jadi lu jangan macem-macem sama gua, gua lagi dikembangin nih. Wkekeke, bukan gua yang itu Sob. Tapi gua beneran.

Selain Goa Pawon, satu destinasi wisata alam Bandung yang nggak boleh kamu lewatin adalah Gua Sang Hyang Tikoro. Nah, apaan tuh. Namanya kok rada-rada aneh gitu yak. Selain namanya unik, ada yang bilang gua ini masih perawan. Soalnya belum ada yang pernah masuk ke dalamnya Sob. Ah, masaka iya sih ya. Penasaran jadinya. Yuk langsung ke TKP aja.

KEUNIKAN

Buat kamu yang suka berwisata ke daerah yang unik dan nggak banyak yang tahu, Gua Sang Hyang Trikoro ini pas banget. Soalnya gua ini belum banyak yang tahu. Kebetulan letaknya juga sembunyi dari peradaban gitu. Alasan lain kenapa belum banyak yang bekunjung adalah gua ini beraroma mistis. Hello, masakkan kali beraroma. Nah, karena mistis itu, nggak ada orang yang berani menjelajah gua itu.

Namanya yang terdengar unik ini ada artinya Sob. Sang Hyang Tikoro artinya adalah air tenggorokan. Katanya, Gua ini ada hubungannya dengan legenda Sangkuriang Sob. Mungkin gara-gara itu kali ya, guanya jadi mistis. Saking mistisnya, sampai sekarang belum ada yang tahu pasti berapa panjang gua ini. ada yang bilang 800 meter. Tapi itu juga cuma kira-kira Sob. Soalnya ada data yang menyebutkan panjangnya mencapai 6 km. Nah loh, mana yang bener.

Karena masih belum ada yang berani masuk ke dalam, akhirnya informasi yang didapatkan juga masih simpang siur gitu. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, gua ini digenangi oleh air sungai Citarum. Air Sungai yang mengalir dalam gua nggak semuanya kembali mengalir ke Sungai Citarum, sebagian besar diserap permukaan gua.

Kalau dilihat dari sisi ilmiah, gua ini terbentuk akibat dari meletusnya Gunung Sunda. Pasca letusan, yang tersisa hanya lubang-lubang lekukan yang dalam dan dengan muntahan lahar yang sangat panas. Selain karena nggak ada orang yang berani masuk ke dalamnya, aroma mistis gua ini semakin terasa karena bagian atas atau pinggir Gua banyak dijadikan tempat bertapa atau semedi pada malam-malam tertentu. Biasanya malam selasa Kliwon atau Kamis Kliwon. Dan mitosnya, kalau ada seutas rambut atau sepotong lidi yang hanyut masuk ke dalam Gua Sang Hyang Tikoro – Jawa Barat, maka akan terdengar jeritan dari dalam Gua. Sekali lagi itu cuma mitos Sob. Kalau kamu penasaran, kesana aja. Buktiin langsung.

LOKASI

Gua ini terletak di antara kecamatan Rajamandala dengan kecamatan Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat.

AKSES

Menuju ke lokasi ini kamu perjalanan kamu bisa dilakukan melalui Kota Padalarang yang berjarak 30 menit perjalanan dari kota Bandung. Selanjutnya ke Citatah dan Jalan Raya Rajamandala hingga menuju ke sebuah pintu gerbang bertuliskan “Waduk Saguling”. Dari sini kamu masih harus menempuh perjalanan, lebih memungkinkan berjalan kaki. Medannya sangat tidak bersahabat. Tapi udaranya segar banget.

HARGA TIKET

Gratis.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Kamu nanya fasilitas? Ada sih Sob, tempat bertapa. Wkekeke. Ya karena belum banyak yang berkunjung ke tempat ini fasilitasnya juga masih minim banget.

KOMENTAR

There are no comments yet, add one below.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*