Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Kalau kamu pernah berkunjung ke Bandung, pasti tahu tempat satu ini. Namanya Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Sebenarnya, bangunan ini mau dibangun tahun 1922 lalu Sob. Tapi ternyata, baru bisa diresmikan tanggal 23 Agustus 1965.

Tapi meskipun sudah diresmikan, masih banyak kalangan yang masih belum puas kalau kawasan ini cuma jadi tempat wisata Sob.

Maunya sih, ditingkatkan lagi fungsinya. Misalnya untuk sarana pendidikan, penelitian, latihan dan penyuluhan di lapangan terbuka, penyediaan plasma nutfah sumber keturunan, sarana wisata alam, dan peredam banjir/erosi kota Bandung.

Pemerintah merespon positif ide itu. Lalu, keluarlah SK Presiden RI Nomor 3 Tahun 1985. Pada tanggal 14 Januari 1985, Presiden Soeharto meresmikan Taman Wisata Curug Dago menjadi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

KEUNIKAN

Luas THR Ir. Djuanda mencapai sekitar 527,03 hektar. Mulai dari kawasan lembah Cikapundung di Dago Pakar sampai ke Maribaya di kawasan lembah perbukitan Dago Utara.

Hutan di taman ini merupakan hutan sekunder.Memiliki sekitar 2.500 jenis pohon yang termasuk dalam 40 familia dan 112 spesies. Pohon-pohon tersebut didatangkan dari berbagai negara dan daerah di Indonesia.beberapa koleksinya antara lain, teklan (Eupatorium odoratum), ekaliptus (Ecalyptus deglupta), mahoni (Switenia macrophylla), bungur (Lagerstruemia sp), saninten (Cartanopsis argentea), pasang (Quercus sp), damar (Agathis damara), dan waru gunung (Hibiscus similis).

Kalau kamu lagi beruntung Sob. Kamu bisa melihat aneka satwa liar kawasan ini, seperti musang (Paradoxunus hermaproditus), bajing (Callosciurus notatus), kera ekor panjang (Macaca fascicularis), burung kamata (Zoeteraps palpebrosus), perenjak Jawa (Lonchura leucogastroides), burung cinenen pisang (Orthotomus sutorius), dan ayam hutan (Galus-galus banriva).

Kalau kamu sudah bosan dengan wisata alamnya, disni ada juga wisata sejarahnya Sob. Yaitu goa bekas terowongan air PLTA Bengkok. Goa ini pernah menjadi pusat komunikasi radio tentara Belanda. Ada juga goa bekas benteng tentara Jepang dari serbuan tentara Belanda dan sekutu.

LOKASI

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda terletak di Desa Ciburial, Kecamatan Cicadas, serta Desa Langensari dan Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

AKSES

Kawasan THR Ir. H. Djuanda berjarak sekitar 7 kilometer dari jantung kota Bandung. Kalau kamu menggunakan angkutan umum, kamu bisa naik angkutan kota jurusan Bandung-Terminal Dago. Dari Terminal Dago, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, atau naik ojek menuju lokasi.

HARGA TIKET

Masuk ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini kamu cukup merogoh kocek sebesar 8000 per orang. Kalau kamu bawa motor pribadi, ditambah biaya parkir, 5000 untuk motor, 10000 untuk mobil, dan 20000 untuk bus.

AKOMODASI DAN FASILITAS LAINNYA

Di kawasan THR Ir. H. Djuanda terdapat kafe terapung di atas kolam penampung air PLTA Bengkok. Kalau kamu tertarik untuk mencoba masakan yang ada disini, pihak kafe menyediakan perahu menuju ke kafe tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *